Home / PENDIDIKAN / Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya Belajar Budaya China dan Hiding Technologies dengan Dosen NTVU

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya Belajar Budaya China dan Hiding Technologies dengan Dosen NTVU

(pelitaekspres.com) -BANDARLAMPUNG – Fakultas Ilmu Komputer dan Unit Pelaksana Teknis International Office Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar General Lecture Exchange bersama Nantong Vocational University (NTVU) China, Rabu (21/12/22).

General Lecture Exchange diisi Dr. Sun Yang dengan topik “The Four Arts in Traditional Chinese Culture” dan Mr. Zhu Li’ao dengan topik “An Overview of Information Hiding Technologies”.

Dalam paparannya, Dr. Sun Yang memaparkan empat seni di China yang juga dipelajari mahasiswa sarjana yaitu Guqin atau Sitar China, Game of Go, Kaligrafi China, dan lukisan China. “Alat musik Guqin dengan cerita sejarah dari 3.000 tahun menjadi bagian penting kebudayaan tradisional China,” ucapnya.

Dr. Sun Yang juga memutarkan video pengenalan Guqin music, Game of Go, Kaligrafi China, dan lukisan China. “Game of Go memiliki filosofi hidup dan strategi di dunia,” tuturnya.

Sementara, Mr. Zhu Li’ao menerangkan tinjauan teknologi penyembunyian informasi. Ia mendeskripsikan dalam sebuah flowchart yang dimulai dari undercover officer, infiltrate, ilegal factory, hingga ke pemberi perintah (commander).

Menurut dia, beberapa informasi penting sebuah perusahaan ataupun negara disembunyikan dikarenakan untuk keamanan. Hal tersebut juga dalam menghindari akses ilegal yang dilakukan di beberapa negara.

Salah satunya, kata dia, dengan melakukan Steganografi. Yaitu ilmu ataupun cara dalam menyembunyikan sebuah pesan rahasia yang dilakukan pemberi kepada penerima. “Steganografi dapat melindungi perpindahan data dan perpindahan partisi. Steganografi juga dapat mengaplikasikan penyematan pesan terenkripsi,” tuturnya.

General Visiting Lecture merupakan implementasi kerjasama antara IIB Darmajaya dengan NTVU, China. Fakultas Ekonomi dan Bisnis bersama UPT IO menggelar sharing knowledge yang disampaikan oleh Dosen NTVU.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa IIB Darmajaya baik dalam tataran akademik maupun cultural. Sebelumnya, pada Selasa (20/12/22) UPT IO dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis menggelar General Lecture Exchange bersama dengan NTVU, China dengan topik “Accounting Transformation In The Era of Intellegence Finance” yang disampaikan Ms. Xing Ya. (**)

About admin adminku

Check Also

Kepsek SMAN 2 Gading Diduga Lakukan Pungli Berdalih Sumbangan

(pelitaekspres.com) –PRINGSEWU- Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Gading diduga lakukan pungli berdalih sumbangan serta tunggangi …

Tinggalkan Balasan