Home / Komando / Kodim Banyumas Operasionalkan Alat Berat Untuk Membuka dan Mengeraskan Jalan TMMD

Kodim Banyumas Operasionalkan Alat Berat Untuk Membuka dan Mengeraskan Jalan TMMD

(pelitaekspress.com) – BANYUMAS – Alat berat terus beroperasi untuk mempercepat pembangunan jalan rabat beton TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, sepanjang 1,8 kilometer, lebar 3,75 meter, dan ketebalan 20 centimeter, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Disampaikan Pasiter Kodim Banyumas, Kapten Infanteri Putut Widodo, satu unit excavator mempunyai peran vital yaitu untuk membuka jalan sekaligus membantu mengeraskan tanah yang nantinya akan di cor.

“Excavator sudah mulai bekerja sejak hari pertama pelaksanaan Pra TMMD (15/6). Upaya ini dimaksudkan untuk mempercepat pekerjaan Jalan Usaha Tani (JUT) masyarakat dan jalan utama menuju Objek Wisata Curug Nangga,” ungkapnya, Sabtu (20/6/2020).

Lebih lanjut, pekerjaan jalan yang harus diselesaikan dalam pelaksanaan TMMD cukup panjang dan harus memangkas bukit. Ini tidak akan selesai jika dilakukan hanya dalam rentang waktu TMMD yang waktunya hanya 30 hari, sehingga harus dimulai dari Pra TMMD.

“Untuk pengecoran jalan juga sudah dimulai dari titik akhir di Objek Wisata Curug Nangga, karena jalan yang sedang dibangun merupakan satu-satunya akses untuk distribusi material cor,” tandasnya.

Ditambahkannya, dengan Pra TMMD ini diharapkan saat TMMD Reguler resmi dibuka pada 30 Juni 2020 ini, pekerjaan sudah mencapai 30 persen.

Selain jalan beton, target lainnya adalah membangun sebuah jembatan dengan panjang 6 meter, lebar 2,30 meter, sejumlah talud di titik rawan longsor serta pembangunan tiga unit gorong-gorong yang masing-masing selebar 80 centimeter, tinggi 1 meter, dengan panjang 6 dan 2 buah 4 meter. (Aan)

DIBACA 700 kali

About pelitaekspres

Check Also

Polres Lambar  Gelar Operasi Bina Waspada Krakatau 2022

(pelitaekspres.com) -LAMBAR- Guna mendukung pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), Kepolisian Resor lampung barat polda lampung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.