(pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG – Service motor  penting dilakukan untuk pengecekan kondisi motor yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian motor yang  umum dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Untuk lebih jelas apa saja yang harus di-service pada motor dan kapan waktu yang tepat, ini panduannnya.

Apakah Motor Wajib Di-service?

Kalau ingin punya motor yang kondisinya selalu prima, mesin awet, jarang ada kerusakan, dan performa motor tetap terjaga dengan baik, ya kamu wajib melakukan service motor secara rutin.

Minimal servis motor dilakukan 1-2 bulan sekali, atau saat pemakaian sudah mencapai jarak tempuh 2000 km (untuk motor keluaran lama) dan jarak tempuh 5000 km (untuk motor keluaran baru).

Jika tidak, performa motor akan mengalami penurunan, mesin jadi cepat panas, motor sering rusak, dan akhirnya kamu terpaksa mengeluarkan lebih banyak biaya untuk perbaikan.

Kapan Motor Harus Di-service?

Banyak mekanik menyarankan untuk melakukan service motor berdasarkan jarak kilometer yang sudah ditempuh. Sebab, setiap motor memiliki intensitas penggunaan yang berbeda. Ada motor yang dalam satu bulan bisa menempuh 2000 km, sementara motor lain membutuhkan lebih dari 2 bulan untuk mencapai jarak tempuh yang sama.

Jadi, kapan tepatnya motor harus diservis?

-Untuk sepeda motor keluaran lama, misalnya keluaran tahun 2000, maka service motor harus dilakukan saat jarak tempuhnya sudah mencapai 2000 km.
-Motor matik dan motor bebek keluaran baru, wajib mendapatkan pemeriksaan dan perawataan kendaraan saat jarak tempuhnya mencapai kurang lebih 4000-5000 km.
-Jika pengguna motor sport, sebaiknya lakukan servis ketika jarak tempuh sudah mencapai 6000 km, sementara untuk moge kurang lebih 12.000 km.

Kategori Service Motor

Kategori Ringan

Servis motor yang masuk kategori ringan, antara lain ganti oli, cek dan ganti kampas rem, ganti busi, suspensi, lampu, karburator, aki, dan tekanan udara pada ban.

Kategori Berat

Untuk servis kategori berat, meliputi pemeriksaan dan perbaikan mesin atau melakukan penggantian komponen yang ada di dalam mesin, seperti skir klep, ganti seal, turun mesin, dan sebagainya.

Apa Saja yang Harus Diservis pada Motor?

Ganti Oli

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.Ganti Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 – 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk mendapatkan servis yang bagus, harus mencari bengkel service  motor yang bagus juga.  Karena itu pastikan mampir dan berkunjung ke bengkel AHASS TDM Teluk Betung. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di  bengkel AHASS TDM  Teluk Betung agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS TDM Teluk Betung untuk kebebasan waktu dalam melakukan service dengan mendowload aplikasi motoran di App Store dan Play Store. Tutup Aan Hidayah selaku Kepala Mekanik AHASS TDM  Teluk Betung .