Home / NASIONAL / Jamiah Herbal Mewakili Kota Palembang Dalam Kegiatan Lomba Asman Toga Dan Akupresure Tingkat Provinsi

Jamiah Herbal Mewakili Kota Palembang Dalam Kegiatan Lomba Asman Toga Dan Akupresure Tingkat Provinsi

(pelitaekspres.com) – PALEMBANG – Tim Penilai Asman Toga dan Akupresure mengunjungi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jamiah Rizky Herbal yang memproduksi beberapa jenis teh herbal, berlokasi di Lorong Selamat RT.005/002 Plaju Ulu yang mewakili kota Palembang dalam kegiatan Lomba Asman Toga dan Akupresure tingkat Provinsi, Senin (27/06/2022).

Tampak hadir mendampingi kunjungan Tim Penilai Asman Toga dan Akupresure diantaranya, Camat Plaju H.Ahmad Futqon, S.STP., M.Si, Lurah Plaju Ulu Davy Angreana, ST., M.Si, Dinas Kesehatan Kota Palembang,

Kepala Puskesmas Plaju dr.Erine Dwinda Indra Putri berserta Staf Puskesmas Plaju, Staf Kelurahan Plaju Ulu, Ketua LPKM Plaju Ulu.

Camat Plaju dalam keterangannya mengucapkan rasa syukur karena kecamatan Plaju mendapatkan kepercayaan dari pemerintah kota Palembang untuk mewakili lomba Asman Toga dan Akupresure Tingkat Provinsi, yang salah satu titiknya di Jamiah Rizky Herbal Kelurahan Plaju Ulu, kegiatan penilaian ini diawali pembukaan di taman edukasi kelurahan Plaju Ilir dengan menampilkan seluruh produk produk tanaman Toga yang ada di kecamatan Plaju, harapan kami bersama masyarakat kecamatan Plaju dalam kegiatan lomba ini mendapatkan juara pertama, ucap furqon.

Davy Angreana selaku Lurah Plaju Ulu menyampaikan Kegiatan lomba Asuhan Mandiri (Asman) Toga dan Akupresure merupakan kegiatan Puskesmas Plaju dengan mengikutsertakan Jamiah Rizky Herbal dalam kegiatan lomba ini dan kegiatan ini dipusatkan di Taman Toga Asuhan Mandiri Angreana Kelurahan Plaju Ulu Kecamatan Plaju.

Jelang persiapan lomba kita sudah menyiapkan mulai dari administrasi, mulai dari profil, foto dokumentasi kegiatan lomba yang pernah diikuti,  perizinan usaha, sertifikasi halal, termasuk persiapan tempat dan lingkungan karena itu semua merupakan bagian dari aspek penilaian lomba, ujar lurah Plaju Ulu.

Jamiah Rizky menceritakan awal ia memulai menanam berbagai tanaman obat keluarga (TOGA) dengan memanfaatkan pekarangan di samping rumahnya sendiri sejak tahun 2001. Hal ini dilakukan demi mewujudkan ketahanan pangan keluarga, saat ini kebun TOGA miliknya telah menjadi satu-satunya lokasi percontohan budidaya TOGA yang ada di Kelurahan Plaju Ulu, Kota Palembang, ucap pemilik Jamiah Rizky Herbal ini.

Dengan keyakinan dan kerjasama dengan berbagai pihak Jamiah Rizky saat ini telah memiliki produk unggulan diantaranya berupa produk teh herbal, seperti Teh Daun Sambiloto, Teh Daun Rosella dan Teh Daun Mint. Produk teh herbal Jamiah yang telah memiliki sertifikat Halal dan izin P-IRT sejak tahun 2020 dengan label “Plaju Teh Herbal”, NIB dan yang terbaru HKI dari Kementerian Hukum dan Ham, sementara untuk bahan-bahan pembuatan teh merupakan hasil tanaman Jamiah di pekarangan rumah yang disulap menjadi tanaman obat keluarga, kelompok Jamiah Rizky Herbal ini juga pernah meraih Juara 2 Lomba Pemanfaatan TOGA Tingkat Kota Palembang, pungkas Jamiah. (Ags)

DIBACA 162 kali

About admin adminku

Check Also

Sang Bupati Mengakunya Kawin Sirih Tapi Buku Nikah Teregister

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG- Aktivis Jaringan Pembela Bangsa Indonesia (JPBI) pagi ini gruduk Kantor Kanwil Kemenag Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.