(pelitaekspres.com) -PALEMBANG –¬†Perhatian khusus diberikan Gubernur Sumsel H Herman Deru kepada para pemudik yang akan melakukan perjalanan pulang kampung pada Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dimana, orang nomor satu di Sumsel itu memberikan fasilitas mudik gratis untuk masyarakat akan melakukan perjalanan mudik ke sejumah kota dan kabupaten di dalam provinsi maupun ke luar provinsi.

“Ini cara kita mengkanalisasi euforia para pemudik yang tahun-tahun lalu tidak bisa mudik karena adanya pembatasan akibat pandemi covid 19,” kata Herman Deru, saat melepas ratusan pemudik yang menggunakan fasilitas mudik gratis di Terminal Alang-Alang Lebar Palembang, Rabu (19/4).

Menurutnya, mudik gratis tersebut merupakan langkah pemerintah dalam membantu masyarakat Sumsel, khususnya menengah kebawah.

“Sejak covid 19 melandai dan pembatasan ditiadakan, kita langsung ambil peran untuk menggelar mudik gratis ini.”

Dia menyebut, mudik gratis ini tentu memberikan fasilitas lebih kepada para pemudik.

Hal itu dilakukan, sebagai bentuk perhatian Pemprov Sumsel kepada masyarakat.

Diketahui, sedikitnya ada 19 bus yang diturunkan dalam mudik gratis tahun 2023 ini. Dimana, 12 bus dipersiapkan untuk melayani rute ke berbagai kabupaten dan kota diantaranya Palembang, Sekayu, Lubuklinggau, Muratara, Kayuagung, Belitang, Muara Dua, Muara Enim, Baturaja, Lahat, Tebing Tinggi, Pagaralam dan Pendopo.

Sementara 7 bus lainnya melayani tujuan luar provinsi seperti Medan, Padang, Jakarta, Lampung, dan Solo.

“Kurang lebih 748 penumpang yang kita berangkatkan. 472 penumpang merupakan penumpang di dalam provinsi dan 276 penumpang ke luar provinsi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Ari Narsa.

Menurutnya, mudik gratis ini juga merupakan kerjasama dengan BUMN, BUMD, perusahaan swasta dan perusahaan transportasi.

Hadir dalam pelepasan mudik gratis tersebut, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Kepala PT. Jasa Raharja Sumsel Abdul Haris, Kepala PT Jasa Raharja Putra Palembang Hendra Setiawan, Kepala Balai Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel Babel Denny Michels Adlan, dan sejumlah pihak lainnya.(ril/dkd)