(pelitaekspres.com) –JAKARTA- Dengan tujuan untuk memperpendek waktu perjalanan antara Jakarta ke Bandung, dan juga membuka peluang baru dalam mengoptimalkan sistem transportasi secara keseluruhan.

PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) mempersembahkan kereta cepat pertama di Indonesia serta di Asia Tenggara, dengan menawarkan kecepatan maksimum 350 kilometer per jam.

” Nama kereta cepat yang kami beri Whoosh terinspirasi dari suara kereta yang melaju dengan cepat, sehingga memberikan kesan yang menakjubkan bagi penumpangnya,” ungkap Emir Monti, Manajer Komunikasi Korporat dari proyek PT KCIC dalam keterangan persnya, Rabu (21/2/2023)

Lanjut kata Emir, tidak hanya menjadi tonggak sejarah dalam transportasi Indonesia, tetapi juga menjadi simbol modernisasi yang efisien dan ramah lingkungan.

” Kereta cepat ini bukan hanya sekadar sarana transportasi, tetapi juga menjadi bagian integral dari pengembangan transportasi yang terintegrasi, termasuk Transit Oriented Development (TOD),” jelasnya.

Apalagi untuk dengan jarak tempuh yang cukup jauh hanya membutuhkan waktu 40 menit dengan harga terjangkau dan ini sekaligus menjadi magnet ekonomi di Indonesia, terutama di sektor pariwisata karena 80 persen rata-rata penumpang adalah kebutuhan untuk wisata sedangkan 20 persen nya adalah bisnis.

” Kehadiran Whoosh memberikan harapan akan masa depan yang lebih modern dan berkelanjutan, Bukan hanya menandai kemajuan teknologi transportasi Indonesia. Namun juga sebagai tonggak baru dalam evolusi transportasi di tanah air,” harapnya.

Kata Emir Whoosh dioperasikan sejak Oktober 2023 hingga Februari 2024 ini secara komersil sudah mencapai 1,7 juta penumpang. Hal ini membuktikan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang sangat menantikan moda transportasi cepat ini namun dengan biaya yang terjangkau.

” Apalagi untuk dengan jarak tempuh yang cukup jauh hanya membutuhkan waktu 40 menit saja,” pungkasnya(dkd)