Home / Pemprov / Gubernur Salurkan  Bantuan Mesin Pascapanen Komoditi Perkebunan Milik Pemprov Lampung

Gubernur Salurkan  Bantuan Mesin Pascapanen Komoditi Perkebunan Milik Pemprov Lampung

(pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG — Gubernur Lampung diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi, menghadiri acara Penyerahan secara simbolis Bantuan Hibah Alat/Mesin Pascapanen Komoditi Perkebunan milik Pemerintah Provinsi Lampung Tahun 2022, di Hotel Horison, Kamis (29/12/2022).

Gubernur Lampung dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dalam mendukung Agenda Kerja Utama Pemerintah Provinsi Lampung khususnya komoditi perkebunan untuk peningkatan produksi dan mutu yang disinergikan dengan peningkatan nilai tambah produk yang berdaya saing dengan penerapan teknologi pascapanen secara tepat guna, tepat mutu dan tepat sasaran.

Adapun pada tahun 2022 telah dilakukan fasilitasi bantuan di sektor hulu berupa bantuan bibit (kopi, lada, kakao, tebu, vanili dan kelapa kopyor), pupuk serta sarana prasarana. Untuk hilirisasi difasilitasi bantuan alat dan mesin pascapanen komoditi kopi, kakao dan lada serta kelapa dalam.

Gubernur menambahkan, dalam upaya meningkatkan nilai tambah dan daya saing, diperlukan adanya inovasi teknologi tepat guna untuk penanganan pascapanen dan pengolahan sehingga menghasilkan produk hilir berkualitas sesuai permintaan pasar dengan harga layak. Bantuan tersebut didukung dengan pemberdayaan petani/kelompok tani melalui Bimbingan Teknis, pembinaan serta pendampingan oleh petugas kabupaten.

Dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani/pekebun, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan berbagai upaya antara lain melalui kebijakan pada subsistem on farm dan off farm.

Kebijakan tersebut dituangkan dalam bentuk kegiatan seperti, bimbingan/pembinaan penanganan panen bantuan bibit teknis budidaya dan pascapanen, penguatan kelembagaan petani melalui KPB, bantuan sarana pengolahan, fasilitasi jaringan pasar dan informasi harga pasar lewat radio, media dan lain-lain.

Sejalan dengan agenda Pemerintah Provinsi Lampung yang memprioritaskan komoditi kopi, lada dan kakao untuk mendukung kesejahteraan petani Lampung Berjaya, Gubernur mengharapkan sinergi mulai dari hulu sampai hilir, sehingga implementasi program/kegiatan dirasakan petani manfaatnya secara komprehensif.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengucapkan terimakasih kepada stakeholder terkait dan berharap agar seluruh stakeholder dapat berkolaborasi bersama untuk mendukung program/kegiatan bersama Dinas/Instansi terkait, sehingga implementasi program/kegiatan bermanfaat serta berdampak untuk jangka panjang.

Kepada perwakilan kelompok tani, Gubernur juga berharap agar dapat memanfaatkan secara optimal hibah dari Pemerintah Provinsi Lampung sehingga menghasilkan produk berkualitas dengan orientasi bisnis secara berkelanjutan untuk mewujudkan Petani Lampung Berjaya. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung)

About admin adminku

Check Also

Pemprov Lampung Ikuti Webinar Dalam Rangka Tahapan Pemilu Tahun 2024

(pelitaekspres.com) –BANDAR LAMPUNG — Pemerintah Provinsi Lampung mengikuti Webinar dengan tema “Menjaga Netralitas Penyelenggara Negara …

Tinggalkan Balasan