Home / PENDIDIKAN / Duta Literasi Sumsel Workshop Literasi di SMK Negeri 3 Palembang 

Duta Literasi Sumsel Workshop Literasi di SMK Negeri 3 Palembang 

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG- SMK Negeri 3 Palembang menggelar workshop literasi dengan tema. ” Pencetak Generasi Penerus Bangsa Yang Siap Bersaing,” bersama Duta Literasi Provinsi Sumsel, Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Otoritas Jasa Keuangan Regional VII dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel. Selasa (10/01/23).

Duta Literasi Provinsi Sumatera Selatan, Ratu Tenny Leriva ketika di wawancara menerangkan bahwa literasi bertujuan untuk meningkatan pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang diterima menjadi lebih baik.

” Selain itu untuk membantu berpikir secara kritis dengan tidak mudah terlalu cepat bereaksi, meningkatkan pengetahuan, prestasi dan kesejahteraan dengan cara membaca, memahami dan menerapkannya,” ungkap Ratu.

Dalam hal ini Leriva menuturkan bahwa para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang telah dipersiapkan untuk bekerja perlu diberikan edukasi literasi seperti literasi financial yang berguna dalam memanage keuangan.

“Juga membantu menumbuhkan serta mengembangkan nilai budi pekerti yang baik dalam diri seseorang, termasuk tidak cepat mempercayai hoax,” ujarnya.

Sebagai Duta Literasi, Ratu akan terus mengedukasi secara masif sehingga edukasi literasi tersebut dapat diberikan merata kepada anak-anak Sumsel.

“Literasi financial juga penting apalagi teman- teman SMK yang lulus bisa bekerja karena sudah ada penjurusan jadi sangat penting, kalau telah terliterasi secara finansial maka dapat memanage keuangan sendiri, saya mengajak temanteman betapa pentingnya literasi untuk mencapai prestasi,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Riza Fahlevi mengatakan anak-anak dalam menghadapi literasi harus cerdas, cermat, cekatan dan cepat tanggap, mempunyai jiwa entrepreneur, rajin membaca, disiplin dan berakhlak budi pekerti yang baik.

“Kami memberikan apresiasi atas kerjasamanya duta literasi, dinas perpustakaan dan disdik Sumsel, harapan kami jika literasi ini diimplementasikan maka Sumsel maju untuk semua akan tercapai,” pungkasnya. (DKD)

About admin adminku

Check Also

Kodim Bojonegoro Goes To School, Cegah Pergaulan Bebas Hingga Pernikahan Dini

(pelitaekspres.com) – BOJONEGORO – Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, kembali melaksanakan pembinaan …

Tinggalkan Balasan