(pelitaekspres.com) -BOJONEGORO- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Purwosari Kodim 0813 Bojonegoro, Serda Ahmad Wibowo, melaksanakan pendampingan kepada Kelompok Tani (Poktan) Karya Utama Dusun Bakalan Desa Gapluk Kecamatan Purwosari menanam padi jenis inpari 22 dilahan pertanian seluas 2.500 meter persegi, Rabu (13/3/2024).

Pendampingan ini dilakukan sebagai upaya mendukung dan menyukseskan program Ketahanan Pangan (Hanpangan) yang dicanangkan oleh pemerintah guna terwujudnya swasembada pangan secara nasional. Kehadiran Babinsa disambut baik para petani, para petani pun bertambah semangat menanam padi.

Dengan tidak merasa canggung, meski berpakaian dinas resmi, Serda Ahmad Wibowo, menyingsingkan celana dan berbaur turun langsung bersama para petani di areal persawahan milik Poktan Karya Utama Dusun Bakalan Desa Gapluk Kecamatan Purwosari. Penanaman padi ini disesuaikan dengan penyuluhan dan arahan dari Dinas Pertanian setempat.

“Tak hanya menanam padi, kami juga siap membantu dalam menyiapkan dan mengolah lahan, perawatan tanaman, hingga masa panen mendatang,” ucap Serda Ahmad Wibowo.

Pendampingan ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian Babinsa selaku aparatur kewilayahan terhadap para petani diwilayah binaan, dalam mewujudkan ketahanan pangan serta meningkatkan ekonomi petani. “Kegiatan ini sebagai salah satu wujud nyata upaya kami dilapangan dalam mendukung dan menciptakan hanpangan, harapanya bermuara pada meningkatnya tingkat kesejahteraan para petani,” pungkasnya.(Sgn)