(pelitaekspres.com) –BLITAR – Rutinitas DPRD Kabupaten Blitar dengan agenda  menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Blitar Tahun anggaran 2023, bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat (15/03/2024) malam.

Dalam Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar dari Fraksi PKB yakni, Muhammad Rifa’i didampingi Susi Narulita KD, SIP dari Fraksi PAN dan Mujib SM dari Fraksi Gerindra  juga membahas agenda lainnya yakni Penyampaian Laporan Pokok-pokok Pikiran.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Muhammad Rifa’i menyampaikan, ada dua hal yang menjadi dasar paripurna kali ini, pertama, beberapa waktu lalu Bupati Blitar mengirimkan surat tertanggal 29 Februari 2024 perihal penyampaian LKPJ tahun 2023. Kedua, pokok-pokok pikiran DPRD disampaikan paling lambat 1 minggu sebelum Musrenbang RKPD dilaksanakan.

“LKPJ disampaikan oleh kepala daerah kepada DPRD paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir. DPRD akan segera membentuk pansus yang bertugas membahas LKPJ dan akan bekerja sampai awal April 2024,”  jelasnya.

Sementara ditempat yang sama Bupati Rini Syarifah dalam sambutannya menyampaikan, sejumlah laporan Keterangan Pertanggungjawaban diantaranya soal tema dan prioritas pembangunan pada tahun 2023, pendapatan daerah, belanja daerah, capaian pembangunan, berbagai penghargaan dan prestasi yang diperoleh dan sebagainya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rini menyampaikan terima kasih kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Blitar, dan jajaran perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar dan seluruh pemangku kepentingan pembangunan se Kabupaten Blitar, serta masyarakat yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan sepanjang Tahun 2023 yang penuh dengan tantangan.

“Berdasarkan pencapaian pembangunan yang telah disampaikan, masih terdapat permasalahan yang harus segera diatasi dan diselesaikan bersama. Pemerintah Kabupaten Blitar membuka ruang selebar-lebarnya kepada publik untuk memberikan masukan dan saran konstruktif, untuk peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.” Pungkasnya

Sekedar di ketahui, turut hadir dalam kesempatan itu selain Bupati Blitar Rini Syarifah, hadir juga perwakilan jajaran Forkopimda, Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom dan sejumlah kepala OPD serta sejumlah anggota DPRD Kabupaten Blitar.(Sek/Mst)