(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Sepeda motor adalah kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia juga dunia secara global. Saat ini, pabrikan sepeda motor  termasuk Honda motor telah menyediakan berbagai jenis  kategori motor Honda  untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi dan transportasi manusia.

Motor ini hadir dengan beragam jenis dan variasi. Ada yang bermesin kecil hingga bermesin besar atau disebut juga dengan motor gede (moge). Jenis motor pun beragam, ada yang berupa skutik hingga sportbike dan sport touring.

Kendaraan ini merupakan alat transportasi roda dua yang digerakkan dengan mesin. Jika diperhatikan, maka letak kedua roda ini sebaris lurus dan bisa bisa berjalan pada kecepatan tinggi yang disebabkan oleh gaya giroskopik (yang dapat diukur oleh  giroskop ). Motor ini pun juga bisa berjalan pada kecepatan rendah dimana keseimbangannya dipengaruhi oleh pengaturan setang pengendaranya.

Motor sendiri menjadi kendaraan yang mudah dijangkau oleh maysrakat karena harganya relatif murah dan bisa dikendarai oleh berbagai kalangan. Penggunaan bahan bakarnya juga dinilai cukup hemat sehingga memudahkan mobilisasi masyarakat untuk berbagai kegiatan, sepe

Sejarah Panjang Awal Ditemukannya Sepeda Motor Sepeda motor sendiri merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang telah digunakan oleh manusia sebelumnya. Sejarah motor dimulai pada tahun 1868 dimana Michaux ex Cie yang merupakan perusahaan sepeda pertama di dunia mulai mengembangkan  mesin uap  yang digunakan sebagai tenaga penggerak sepeda. Usaha ini kurang sukses sehingga dilanjutkan oleh Edward Butler Jelas Ibu Cicillia Pic Tunas Motor menjelaskan “Dari sang penemu asal Inggris tersebut, terciptalah kendaraan roda tiga dengan suatu motor melalui pembakaran di dalam”. Berasal dari ide ini, maka semakin banyak percobaan untuk membuat motor hingga mobil. Usaha pembuatan kendaraan yang lebih canggih tersebut juga dilakukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach yang berasal dari Jerman.

Sejarah motor masih terus berlangsung dimana Daimler dan Maybach yang kemudian keluar dari perusahaan tersebut lalu mendirikan bengkel sendiri di  Suttgart . Pada tahun 1885, karburator pertama kali ditemukan oleh kedua penemu tersebut. Karburator digunakan untuk mencampur bensin dan udara yang dapat digunakan pada mesin empat tak. Pengembangan Mesin 4 Tak Berkapasitas 100cc Dari penemuan di atas, lalu berlanjut pada pengembangan mesin empat tak menjadi silinder mesin berkapasitas 100cc. Saat itu, mesin ini diletakkan di sebuah kayu. Sepeda kayu bermesin ini dikenal dengan Reitwagen atau riding car dan menjadi motor pertama di dunia.

Awal Era Motor Skutik dan Motor Listrik

Sejarah motor masih terus berlanjut hingga akhirnya ditemukan berbagai jenis motor pada saat ini, mulai motor matic hingga motor listrik. Motor matic sendiri merupakan salah satu jenis motor yang paling banyak digunakan saat ini. Untuk sejarah motor skutik matic di awali dengan adanya autoped dimana pengeremannya dilakukan dengan menarik stang ke bekalang untuk menahan laju skuter.

Dari sana lalu terinspirasi untuk pembuatan kendaraan yang lebih canggih dan mudah digunakan. Perkembangan dunia motor terus berjalan, terbukti dengan terciptanya motor listrik yang tidak  lagi menggunakan bahan bakar minyak melainkan di gerakkan oleh dinamo dan akumulator. Sejarah dari motor listrik ini sendiri diawali dengan isu pemanasan global dan langkanya BBM.Karena itulah, sekarang, produsen motor berlomba-lomba membuat kendaraan atau motor listrik.

Saat ini, pengembangan motor semakin modern. Bukan hanya mengandalkan mesin dan powernya saja, namun produsen motor juga berlomba dalam menyajikan fitur-fitur paling canggih. Selain itu, body motor juga dibuat berdasarkan keinginan pasar, ada yang mungil, sporty dan juga gagah (garang).

Tinggalkan Balasan