(pelitaekspres.com) – ASAHAN – Bupati Asahan H. Surya pimpin Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Toba – 2024 Polres Asahan, dengan tema  “Keselamatan Berlalulintas Demi Terwujudnya Indonesia Maju di Wilayah Kabupaten Asahan”, Rabu (13/3/2024).

Adapun Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Toba – 2024 langsung dilaksanakan di Mako Polres Asahan. Kegiatan dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, Personil Kodim 0208/AS, Personil Lanal TBA, Personil Polres Asahan, Pemkab Asahan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Asahan.

Dalam Apel gelar pasukan juga dilakukan pemeriksaan pasukan dan kelengkapan oleh pimpinan Apel dan penyematan pita Operasi Keselamatan Toba – 2024.

Bupati Asahan H.Surya mengatakan pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan Puji dan Syukur Kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan “Keselamatan – Toba 2024”, dalam suasana khidmat dan penuh kebersamaan tanpa kurang suatu apapun.

Perlu kita pahami bersama bahwa keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, merupakan suatu hal yang dibutuhkan dan diharapkan oleh masyarakat selaku pengguna jalan raya.

“Namun pada kenyataannya berbagai permasalahan baik itu pelanggaran ataupun kecelakaan sering terjadi yang disebabkan oleh beberapa hal  termasuk kelalaian masyarakat itu sendiri atau human error,” ungkap Bapati.

Lanjutnya , pada tahun 2023, angka kecelakaan yang terjadi di wilkum Polda Sumut sebanyak 6.739 kejadian atau menunjukkan peningkatan 4,2% bila dibandingkan dengan tahun 2022 yaitu sebanyak 6.465 kejadian.

“Selain itu, Polda Sumut telah melakukan penindakan pelanggaran lantas selama tahun 2023 sebanyak 209.770 penindakan, yang terdiri dari tilang sebanyak 50.427 penindakan dan teguran sebanyak 159.343 penindakan,” sebutnya.

Untuk meningkatkan kamseltibcar lantas di wilkum Polda Sumut selama Bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, Polda Sumatra Utara menyelenggarakan Operasi Kepolisian kewilayahan dengan sandi ”keselamatan toba – 2024”.

Operasi “Keselamatan Toba – 2024” dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari, mulai dari tanggal 12 Maret sampai dengan tanggal 25 Maret 2024 dengan target operasi yakni Keselamatan masyarakat pengguna jalan, Keamanan kendaraan umum dan pribadi, Titik lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, Kegiatan masyarakat dalam berlalu lintas yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” sambungnya.

Masih Bupati, berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang disiplin dan tertib berlalu lintas, Tampilkan performance polantas yang rapi, bersih, dan humanis, termasuk tampilan perlengkapan dinas dalam kondisi yang baik.

“Laksanakan patroli, pengaturan dan penjagaan pada lokasi rawan kemacetan, kecelakaan serta pelanggaran lalu lintas, Lakukan penegakkan hukum lalu lintas secara humanis, profesional dan proporsional kepada para pelanggar, ” pungkasnya. (Ana)