Home / Pemkab / Bupati Serahkan Bantuan Ternak Kepada Kelompok Penerima Manfaat Di Kabupaten Nias

Bupati Serahkan Bantuan Ternak Kepada Kelompok Penerima Manfaat Di Kabupaten Nias

(pelitaekspres.com) – KABUPATEN NIAS – Bupati Nias Ya’atulo Gulo, SE, SH, M.Si Serahkan Bantuan Ternak Kepada Kelompok Tani/Ternak Penerima Manfaat di Kabupaten Nias Tahun 2022 bertempat di Desa We’a-we’a Kecamatan Sogaeadu, Selasa (13/12/2022).

Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si dalam sambutannya mengatakan, saat ini produksi peternakan kita masih rendah, terlebih akibat kematian ternak pada maret 2020 silam akibat wabah ASF (African Swine Fever) atau demam babi afrika.

“Kita perlu bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan produksi ternak dan juga memfasilitasi para peternak untuk merangsang usaha peternakan agar memiliki kapasitasi yang lebih baik” ucap Bupati Nias.

Pada tahun anggaran 2022 ini pemerintah telah mengalokasikan anggaran pemberdayaan bagi peternak melalui bantuan ternak, yakni:

60 Ekor Ternak Babi beserta Pakan

110 Ekor Ternak Kambing (APBD T.A 2022)

168 Ekor Ternak Babi (PAPBD)

88 Ekor Ternak Babi Program CSR Bank Sumut Tahun 2022

Sehingga total bantuan untuk ternak babi pada tahun ini sejumlah 316 ekor, hal ini merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat peternak untuk meningkatkan taraf hidup sebagaimana salah satu misi pembangunan Kabupaten Nias yaitu Petani, Peternak dan Nelayan yang Produktif.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan kepada petani dan nelayan beserta pembudidaya ikan dan petani jagung, diantaranya:

Benih Jagung Varietas Pioner 32 sebanyak 510 Kg kepada 6 (enam) Kelompok Tani

Jaring Monofoilamen 1 ¼ Inc sebanyak 26 Set untuk 3 KUB Nelayan

Benih Ikan Lele dan Ikan Nila sebanyak 15.000 Ekor

Pakan Ikan sebanyak 400 Kg.Ungkap Yaatulo

Ia mengingatkan untuk bersama-sama memberikan kontribusi bagi pengembangan sektor pertanian dan ketahanan pangan di Kabupaten Nias ke depan agar terus meningkatkan hasil produksi di sektor pertanian dan peternakan.

“Dinas ketahanan pangan/pertanian/perikanan di Kabupaten Nias diharapkan untuk terus melakukan upaya-upaya konkrit dan terus memonitoring pemanfaatan bantuan ini,” tegas Bupati Nias.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Nias berpesan kepada penerima bantuan agar memanfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya dan tidak boleh diperjualbelikan. Selanjutnya, ia berharap agar produksi ternak ke depannya dapat meningkat dan tetap produktif sehingga perekonomian keluarga dapat meningkat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Wakil Bupati Nias, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peirikanan, Kepala Desa We’a-we’a, Camat Sogaeadu, Kelompok Tani Penerima Manfaat, dan Seluruh Hadirin. (Toro Harefa)

About admin adminku

Check Also

Tinjau Jembatan di Kecamatan Rawang Panca Arga, Bupati Asahan Harap Masyarakat Jaga Dengan Baik 

(pelitaekspres.com) – ASAHAN – Bupati Asahan H. Surya, BSc didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis …

Tinggalkan Balasan