(pelitaekspres.com) –BLITAR – Upaya mensejahterakan masyarakatnya dan tingkatkan PAD, Bupati Blitar, Rini Syarifah meresmikan selesainya Revitalisasi Pasar Patok,Desa Sidorejo Ponggok, Kabupaten Blitar bersama Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri dan Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kementerian Perdagangan RI pada Jum’at (08/03/2024) siang.

Pasar yang dibangun melalui Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp, 2.818.681.957 ini, pelaksanaan pembangunannya telah dapat diselesaikan sesuai target waktu.

Dalam sambutanya Bupati Rini Syarifah menyampaikan, bahwa dengan selesainya pembangunan revitalisasi Pasar Patok ini, maka akan menampung hasil pertanian dan perkebunan di wilayah Kabupaten Blitar, dimana sebelumnya dikirim ke Pasar Grosir Ngronggo dan Pare Kabupaten Kediri.

“Dengan selesainya revitalisasi pembangunan Pasar Patok ini hasil pertanian dan perkebunan bisa dipasarkan di seluruh wilayah Kabupaten Blitar, artinya perputaran ekonomi tetap di Kabupaten Blitar,” paparnya.

Bupati Rini juga menambahkan, Pasar Patok ini didirikan pada Tahun 1987 dengan luas lahan kurang lebih 10.786 M2 yang berlokasi di Jalan Raya Patok Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar sehingga dikenal dengan sebutan Pasar Patok.

“Pembangunan saat ini, adalah pengembangan dari pasar sebelumnya, dimana difungsikan sebagai tempat transaksi jual beli pedagang grosir hasil pertanian dan perkebunan seperti nanas, kelapa, pepaya, pisang, nangka, durian dan lainnya,“ jelasnya.

Blitar Rini berharap, pasar ini bisa menjadi sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, termasuk bisa meningkatkan PAD melalui Peraturan Daerah tentang redistribusi,namun demikian yang utama agar manfaatnya dapat dirasakan masyarkat secara luas. Sehingga, pasar  Patok Sidorejo ini benar-benar dirawat di jaga kebersihannya agar pengunjung tetap aman dan nyaman.

“Pada Kamis, 7 Maret 2024, Pemerintah Kabupaten Blitar juga telah menggelar operasi pasar dan sidak pasar. Hal ini sebagai agenda rutin tahunan menyambut ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, dimana bertujuan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan ketersediaan barang dan harga yang terjangkau,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, hadir dalam peresmian pasar tersebut, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Drs. Isy Karim, M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Toha Mashuri, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar, Darmadi serta tamu undangan. (Kmf/Mst)