(pelitaekspres.com) – BLITAR – Transformasi Digital layanan publik yang cepat, tepat dan Tanpo Ragat (Tanpa Biaya) adalah salah satu gebrakan Bupati Blitar, Hj. Rini Syarifah. Setelah dilantik pada 26 Februari 2021 lalu , Bupati perempuan pertama di Blitar ini langsung melakukan beberapa inovasi guna percepatan layanan publik, salah satunya yang menjadi focus pembangunan Mak Rini adalah bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

Sejak 2021 sampai 2023 berbagai inovasi telah di inisiasi demi kemudahan pelayanan kepada masyarakat, diantaranya “Salam Sak Jangkah”, “Si Jaran Ijo (Inovasi Jemput Bola Penduduk Rentan Iso Jujug Omah)”, “Lapak Sarah” atau Layanan Pengajuan Adminduk Desa, Kelurahan, “Lapak Mini (Layanan Pengajuan Adminduk Melalui Instansi Lain), sehingga masyarakat Kabupaten Blitar lebih dimudahkan dalam proses pendaftaran administrasi kependudukan.

“Seluruh inovasi yang dihadirkan dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil, adalah bukti negara hadir untuk masyarakat. Jika dulu ngurus administrasi kependudukan bisa berhari-hari bahkan berjam-jam saat ini cukup lewat aplikasi dari rumah bisa, “ ungkapnya.

Bupati Blitar ini berharap, inovasi berbasis layanan digital yang telah dihadirkan di semua SKPD sampai ke desa desa benar-benar difungsikan secara baik dan optimal agar bisa bermanfaat bagi masyarakat kabupaten Blitar, tentunya dengan harus berpijak pada aturan dan peraturan yang ada

“Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik RSUD Ngudi Waluyo Wlingi maupun RSUD Srengat juga telah lulus Akreditasi Tingkat Paripurna dengan standar Kementerian Kesehatan dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Dan ini sungguh luar biasa, “ ujarnya.

Sementara itu, dari sisi tata kelola pemerintahan, yang bertujuan pada pemerintahan yang efektif dan efisien, bersih dari KKN, dan memiliki pelayanan publik yang berkualitas, telah ditunjukkan kinerja peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi dari 61,81 di tahun 2021 menjadi 71,38 di tahun 2023 atau berpredikat Sangat Baik.

“Tentu kita akan mempertahankan seluruh prestasi yang sudah sangat baik dan meningkatkan prestasi dengan nilai maksimal, kalaupun belum bisa di tingkatkan kita pertahankan yang sudah di raihnya,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Bupati Rini Syarifah berharap seluruh pihak khususnya ASN dan Non ASN Pemerintah Kabupaten Blitar tetap semangat, kerja keras dan kreatif serta inovatif dalam menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. (Kmf/Mst).