Home / Pemprov / Buka Kegiatan Outbound, Asisten II Tekankan Untuk Meningkatkan Capacity Building di Internal Pegawai BPKAD

Buka Kegiatan Outbound, Asisten II Tekankan Untuk Meningkatkan Capacity Building di Internal Pegawai BPKAD

(pelitaekspres.com) -SOFIFI – Outbound yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka dengan melakukan beberapa simulasi permainan baik individu maupun kelompok.

Seperti dikutip dari Go Outbound, bahwa tujuan utama kegiatan Outbound ini, disamping untuk mengisi waktu liburan, Outbound juga bermanfaat sebagai sarana yang dapat meningkatkan kebersamaan dan kekompakan tim.

Untuk itu, dalam rangka mengisi waktu liburan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Maluku Utara bekerja sama dengan Korem 152/Baabullah Ternate untuk melaksanakan kegiatan Outbound, bertempat di Korem 152/Baabullah Ternate, Jumat (2/12/2022).

“Kegiatan Outbound yang dilaksanakan oleh BPKAD yang bekerja sama dengan Korem 152/Baabullah Ternate merupakan salah satu metode kedisiplinan, ketaatan, dan kepatuhan bagi pegawai yang dilakukan di luar ruangan atau alam terbuka,” kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Administrasi Pembangunan, Sri Haryanti Hatari dalam acara pembukaan tersebut.

Menurut Sri, kegiatan Outbound selain mengisi waktu liburan, juga merupakan jenis latihan yang memanfaatkan keunggulan alam untuk mengembangkan diri dan membangun kerjasama tim yang diterapkan dalam Outbound itu sendiri melalui permainan-permainan edukatif dan menghibur.

Baik yang dijalankan secara individu maupun kelompok dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan, kemampuan untuk berkomunikasi, kemampuan untuk membuat dan mengeksekusi suatu rencana, fleksibel dalam bekerja, pendelegasian pekerjaan dalam suatu tim pekerjaan, dan peningkatan motivasi.

Selain itu, Sri menjelaskan bahwa peserta Outbound Training akan dibagi kedalam beberapa regu dan diberi persoalan untuk dipecahkan bersama-sama dalam tenggang waktu yang ditentukan oleh instruktur.

Kemudian, hasil yang diperoleh dan hambatan yang dialami akan didiskusikan secara bersama-sama untuk mengidentifikasi apa-apa yang menjadi penghambat lalu kemudian menyusun strategi untuk memecahkan persoalan yang diberikan, berikutnya sambil mencoba efektivitas strategi tersebut.

Demikian pula, dengan suatu regu atau tim harus mendapatkan peningkatan kerjasama dan individu, terutama peningkatan Capacity Building atau Pengembangan Kapasitas Pegawai, khususnya pegawai BPKAD yang mereka dapatkan sendiri dari setiap persoalan dan tantangan yang diberikan.

“Kegiatan Outbound Training ini wajib diikuti oleh seluruh pegawai BPKAD dan terbagi dalam 10 regu. Diharapkan dengan adanya Outbound Training dapat memberikan informasi dan pemahaman tentang kedisiplinan, ketaatan, kepatuhan, dan kerjasama yang baik sebagai Pegawai Negeri Sipil,” harap Sri. (is).

About admin adminku

Check Also

Wagub dan Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Hadiri Pengajian Akbar di Kabupaten Way Kanan

(pelitaekspres.com) -WAYKANAN- Wakil Gubernur Lampung Chusnunia menghadiri Pengajian Akbar dan Istighosah atau Doa Bersama yang …

Tinggalkan Balasan