(pelitaekspres.com) -NATAR– Rantai dan gear punya peran penting pada sebuah motor. Komponen ini pun memiliki usia pakai yang mengharuskannya diganti secara berkala. Penggantian rantai dan gear wajib dilakukan pada interval 10.000-15.000 km sekali.

Jika mengganti dengan merek aftermarket, biasanya untuk rantai dan gear dijual tidak selalu sepaket. Jadinya, banyak dari para pemilik motor hanya membeli rantai saja tanpa membeli gear-nya sekalian.

Lalu, apakah boleh kalau hanya mengganti rantai saja tanpa mengganti gear-nya juga? “Mengganti rantai saja sebenarnya enggak ada masalah. Biasanya memang dalam perbandingannya, gear bisa dipakai sampai dua kali penggantian rantai,” kata Mulyadi selaku Service Advisor Astra Motor Natar.

Namun, ada yang harus diperhatikan kalau cuma ingin mengganti rantainya saja. “Tapi dengan catatan, kondisi mata gear-nya masih dalam keadaan baik, dan belum aus atau lancip,” ucap Mulyadi. Akan tetapi, Mulyadi menyarankan agar sekaligus mengganti rantai berikut gear-nya, supaya kedua komponen tersebut bisa mengalami keausan secara bersamaan.