(pelitaekspres.com) – BATANG – Polres Batang menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024.

Kapolres Batang, AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo, dalam sambutannya, menegaskan bahwa operasi ini adalah bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan kualitas keselamatan serta menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

“Kami berupaya bersinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas menjelang Ramadan dan Idulfitri,” ungkapnya saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 di lapangan Mapolres Batang pada Sabtu, 2 Maret 2024.

Satu fokus utama dari kegiatan ini adalah pencegahan sejak dini terhadap kecelakaan lalu lintas. Salah satu inisiatif yang diambil adalah pencanangan Aksi Keselamatan Jalan, yang melibatkan perwakilan dari berbagai komunitas, termasuk motor, mahasiswa, dan pelajar. Dengan keterlibatan semua pihak, diharapkan tingkat fatalitas dan jumlah korban dapat diminimalkan.

Operasi Keselamatan Candi akan berlangsung selama 14 hari, tepatnya dari tanggal 4 hingga 17 Maret 2024. Tema yang diusung adalah “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju”.

“Ini mencerminkan komitmen Polres Batang dalam memastikan keselamatan berlalu lintas sebagai salah satu pilar utama pembangunan Indonesia,” ujarnya.

Beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam operasi ini termasuk deteksi dini pengamanan dan pemetaan terhadap lokasi rawan pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kecelakaan.

“Selain itu, juga dilakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas, patroli, dan penjagaan pada lokasi yang rawan laka, serta penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas menggunakan berbagai metode, termasuk etle statis dan mobile, serta teguran langsung kepada pelanggar,” tambahnya.

Dengan langkah-langkah konkret ini, Polres Batang berharap dapat menciptakan suasana lalu lintas yang lebih aman dan tertib, tidak hanya menjelang Ramadan dan Idulfitri, tetapi juga sebagai bagian dari komitmen jangka panjang dalam membangun Indonesia yang maju dan berkualitas dalam hal keselamatan berlalu lintas. (*)