Home / Komando / Alasan Jalan Beton TMMD Reguler Banyumas Berkualitas

Alasan Jalan Beton TMMD Reguler Banyumas Berkualitas

(pelitaekspress.com) – BANYUMAS – Pekerjaan pengecoran jalan di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sepanjang 1,8 kilometer, baru sepekan dimulai melalui Pra TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas.

Jalan yang dulunya setapak menuju sawah dan ladang warga setempat sedang di cor beton selebar 3,75 meter dengan ketebalan 20 centimeter. Tampak masyarakat di bawah motivasi Babinsa setempat, Serka Eko Budi Wiyono, sangat antusias bergotong royong. Minggu (21/6/2020).

Ditanya tentang kualitas rabat beton yang sedang dibangun TNI dan masyarakat serta segenap unsur, ia menyatakan kualitasnya maksimal karena memaksimalkan seluruh potensi yang ada, baik manusianya maupun sumber daya alamnya.

“Medan pengecoran jalan sangat sulit dilalui armada pengangkut material karena masih berupa tanah yang baru saja dibuka dengan memangkas bukit. Upaya pengerasan badan jalan terus dilakukan dengan batu gunung yang dipadatkan dengan excavator,” bebernya, Minggu (21/6/2020).

Terkadang material terlambat karena armada pengangkutnya tidak dapat melalui tanjakan karena selip, terlebih pasca hujan, sehingga solusinya adalah mengoptimalkan potensi batu gunung yang ada di sekitar lokasi jalan.

“Untuk menjaga kualitas jalan jika material batu terlambat maka solusinya adalah memakai batu gunung untuk pondasi cor,” tandasnya.

Ditambahkannya, kualitas juga terjaga karena faktor keikhlasan warga masyarakat itu sendiri yang secara sukarela tanpa bayaran membantu TNI dalam membangun akses JUT (Jalan Usaha Tani) dan akses menuju Obyek Wisata Curug Nangga, yakni air terjun tingkat tujuh. (Aan)

About pelitaekspres

Check Also

Biroops Polda Sumsel Menggelar Rapat Koordinasi Bersama PT SWA Terkait Pengamanan Kegiatan Replanting Lahan

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG – Biroops Polda Sumsel menggelar rapat koordinasi bersama PT SWA (Sumber Wangi Alam) …

Tinggalkan Balasan