Home / Pemkab / Ada apa PJ Bupati Kepulauan Yapen Mendadak Datangi RSUD Serui

Ada apa PJ Bupati Kepulauan Yapen Mendadak Datangi RSUD Serui

(pelitaekspres.com) -YAPEN WAINAKAWINI– Penghujung tahun 2022, berbagai kegiatan dilakukan mengakiri tahun maupun demi menyambut tahun baru 2023 oleh semua lapisan masyarakat, sehingga dipastikan intensitas dan kesibukan orang berada pada puncak persiapan dimasing-masing keluarga.

Namun bagi seorang Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay bahwa dengan kesibukan masing-masing orang, bukan berarti seorang petugas bisa lalai bahkan meninggalkan waktu pelayanan sehingga dirinya secara langsung ingin memastikan pelayanan yang diberikan dengan mendatangi RSUD Serui pada malam sekitar pukul 23.15 WIT hari Jumat, 30/12/2022.

Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay yang didampingi Anggota Komisi A DPRD Kepulauan Yapen Roy Palunga, mendatangi RSUD Serui untuk memastikan secara langsung kondisi pelayanan di Rumah Sakit Milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Dalam kunjungan mendadak tersebut, Pj. Bupati Mambay masuk melalui Ruang Instalasi Gawat Darurat, dan langsung memastikan keberadaan petugas medis dan sejumlah fasilitas di IGD Serui. Setelah itu, Bupati Mambay menuju ke ruangan perawatan kelas 1, disana ditemukan beberapa fasilitas ruang yang rusak. Kemudian ke ruangan kelas 1, ruangan kelas 3 dan menuju Apotek RSUD Serui, didepan jalan sudah ditunggu Direktur RSUD Serui dr Johnny B Abaa, M.Kes yang kemudian mendampingi ke ruang obat Apotik.

Pj Bupati Cyfrianus Mambay kepada media mengatakan bahwa kedatangannya malam hari ke RSUD Serui merupakan tindak lanjut dari instruksi Mendagri terkait antisipasi pemerintah daerah dalam menghadapi Natal dan menyambut tahun baru 2023. Sehingga sesuai rapat bersama FORKOPIMDA plus yang melibatkan OPD, BUMN yang ber kepentingan langsung dengan masyarakat.

“malam ini saya mengunjungi RSUD untuk memastikan pelayanan yang ada disini apakah dokter, perawat siap atau tidak, ada dokter jaga dan benar benar pelayanan ke masyarakat ini terlayani dengan baik”

Dijelaskan Pj Bupati Yapen Mambay bahwa sejumlah fasilitas ruangan ditemukan rusak mulai dari saluran air, hingga lampu lampu yang tidak menyala, disaat bersamaan dilaporkan juga Direktur RSUD, dr Johnny B Abaa, M.Kes yang ikut mendampingi.

Menurut keterangan yang disampaikan bahwa ketersediaan Obat-obatan yang bisa digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat tersedia hingga Maret 2023. Mendengar penjelasan ini, secara spontan menjadi apresiasi kepada management RSUD Serui.

Dikesempatan tersebut, Pj Bupati Kepulauan Yapen Mambay juga menyampaikan terimakasih kepada Direktur RSUD Serui beserta seluruh tim petugas medis yang telah bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selama Nataru.

Direktur RSUD, dr Johnny B Abaa, M.Kes dikesempatan tersebut langsung melaporkan kedatangan Pasien dari Luar Kabupaten Kepulauan Yapen, antara lain pasien dari Kabupaten Waropen dan Kabupaten Mamberamo Raya yang tetap dilayani sehingga ketersediaan obat-obat di RSUD Serui selalu berkurang.

Walaupun waktu lalu sudah menawarkan kerjasama dukungan ke kedua Pemda tersebut namun hingga saat ini belum direspon. Sehingga dirinya minta dukungan Pj Bupati demi solusi kedepan dalam pelayanan kepada masyarakat ditiga kabupaten ini.

Kedepan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Mambay mengatakan bahwa bersama direktur RSUD Serui akan mengkomunikasikan kepada Bupati Waropen, dan Bupati Mamberamo Raya agar ada kesepakatan lewat MOU yang mengatur subsidi silang ke RSUD dalam penanganan pasien dari Waropen dan Mamberamo Raya, karena dukungan pembiayaan tersebut bukan ke Pemda Yapen tetapi demi mengurangi pembiayaan di RSUD Serui, tutupnya. (Zack).

About admin adminku

Check Also

Pembersihan Saluran Irigasi, Jadi Program Unggulan DPUSDA Malang

(pelitaekspres.com) -MALANG – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Kabupaten Malang mempunyai program unggulan …

Tinggalkan Balasan