Home / Komando / 37 Crew Abk ARK Ark Shiloh Berhasil Diselamatkan Dan Dievakuasi Ke MV STL Miracle

37 Crew Abk ARK Ark Shiloh Berhasil Diselamatkan Dan Dievakuasi Ke MV STL Miracle

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG – Mendapati adanya laporan masyarakat mengenai adanya kapal yang akan tenggelam di sekitar Perairan muara sungsang, Kabupaten Banyuasin tepatnya di selat bangka, Rabu (28/12) sekitar pukul 06.00 WIB.

Atas informasi itu, Pangkalan Sandar Ditpolairud Sungsang menuju ke Lokasi Kejadian namun terkendala kondisi cuaca buruk sehingga tidak dapat meneruskan perjalanan.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK melalui Kabid Humas, Kombes Pol Supriadi mengatakan, bahwa Kapal Crane Base ARK Shiloh Jakarta berada di koordinat 02’06.20′ S – 105’00.30’E Perairan Selat Bangka (Ambang Luar), Muara Banyuasin.

“Saat anggota kita dari Pangkalan Sandar Ditpolairud Sungsang menuju ke Lokasi Kejadian, terkendala kondisi cuaca buruk sehingga tidak dapat meneruskan perjalanan,” ujarnya.

Dan dari informasi kru kapal MV STL Miracle, pada saat kejadian kapal ARK Shiloh sedang berlabuh di MV STL Miracle, dikarenakan cuaca buruk dan ombak besar kapal ARK Shiloh mengalami kebocoran dibagian balas kanan.

Pada saat kapal sudah keliatan miring Crew ABK ARK Shiloh dan MV STL Miracle sudah berusaha membuang air dengan menggunakan Pompa dan Alkon tetapi tidak bisa mengatasi.

“Sehingga informasi yang kita terima, kapal semakin miring dan tenggelam. Untuk semua Crew Abk ARK Ark Shiloh 37 orang berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke MV STL Miracle,” aku dia.

Diketahui pada saat kejadian berlangsung cuaca sekitar perairan sangat buruk dengan hempasan angin yang kencang disertai gelombang air laut yg cukup tinggi, dimungkinkan kerusakan kapal yang disebabkan oleh cuaca buruk tersebut yang menjadi penyebab tenggelamnya kapal ARK Shiloh.

“Kita mendapati bahwa fakta kapal Crane Base ARK Shiloh merupakan Kapal Support yang diperuntukan untuk memindahkan Muatan (Batubara) dari Kapal tongkang keatas Mother Vessel. Adapun Pemilik Kapal CB ARK Shiloh yakni PT ARMADA ROCK Karunia,” jelasnya.

Anggota pun sudah berkoordinasi dengan Ksop, TNI AL untuk melakukan evakuasi terhadap Kru kapal yang berada di atas Mother Vessel. “Kita akan melakukan penyelidikan terhadap kejadian tenggelamnya kapal ARK Shiloh, dan memberikan himbauan kepada masyarakat serta nahkoda kapal terkait situasi cuaca yang buruk,” tutupnya. (Rls/Ags).

 

About admin adminku

Check Also

Pangdam V/Brawijaya Cek Sasaran Karya Bakti Skala Besar TNI di Madiun

(pelitaekspres.com) -MADIUN- Karya bakti skala besar yang merupakan program langsung dari Mabes TNI akan digelar …

Tinggalkan Balasan