(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Universitas Lampung ( Unila ) meraih prestasi gemilang dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2023. Melalui Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Unila, universitas ini berhasil mendapatkan predikat empat terbaik nasional sebagai Badan Publik dengan kualifikasi Informatif, khususnya dalam kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Untuk mempertahankan pencapaian gemilang tersebut, PPID Unila mengadakan Workshop Evaluasi Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Unila tahun 2023 dan menyusun strategi untuk tahun 2024. Kegiatan ini diadakan di lingkungan kampus pada Kamis, 1 Februari 2024.

Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila membuka kegiatan ini dengan menyampaikan, dalam era globalisasi, pertukaran informasi yang cepat dan efisien menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.

“Tahun 2024 menjadi momentum bagi kita untuk memperkuat keterbukaan informasi. Kami akan meningkatkan transparansi informasi melalui platform digital, mengintensifkan pelatihan dan sosialisasi, mendorong partisipasi aktif dalam proses pengambilan keputusan, dan meningkatkan kerja sama dengan pemangku kepentingan eksternal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Anna Gustina Zainal menekankan, keterbukaan informasi bukan hanya tanggung jawab internal universitas, tetapi juga melibatkan pihak eksternal seperti industri, pemerintah, dan masyarakat. Dengan membangun sinergi ini, Unila berharap dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pengembangan daerah dan negara.

Lokakarya ini juga menghadirkan Komisioner Komisi Informasi Pusat Syawaludin, MH, dan Asisten Ahli Komisi Informasi Pusat Siti Ajijah, SH, MH, sebagai narasumber utama.

Para peserta kegiatan melibatkan Direktur Pascasarjana, para dekan, para koordinator dan subkoordinator, serta PPID pelaksana fakultas, biro, lembaga, dan UPT di lingkungan kampus.

Dengan adanya kegiatan evaluasi dan strategi ini, Unila menegaskan komitmennya untuk terus menjadi lembaga yang transparan, akuntabel, dan berkontribusi positif dalam peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian di Indonesia. (Rls)

Tinggalkan Balasan