Home / NASIONAL / Webinar UU Otsus Papua, Cerdas Berdemokrasi “UU Otsus Papua Untuk Siapa”

Webinar UU Otsus Papua, Cerdas Berdemokrasi “UU Otsus Papua Untuk Siapa”

(pelitaekspres.com) -PAPUA – Webinar Cerdas Berdemokrasi Seri Ke-5 yang terlaksana atas kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Hukum Online dengan tema “UU Otsus Papua untuk Apa dan untuk Siapa?” Webinar ini dilaksanakan Kamis, 05/08/2021.

Dr. Bambang Gunawan selaku Direktur Informasi dan Komunikasi, Politik, Hukum dan Keamanan Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia, dalam sambutannya mengatakan bahwa Presiden Jokowi menghendaki hadirnya langkah-langkah terobosan yang terpadu, tepat dan focus, serta sinergi antar kementerian lembaga dan pemerintah daerah.

Sehingga, menurut Bambang bahwa hal ini semata-mata demi terwujudnya masyarakat di Provinsi Papua dan Papua barat yang maju, sejahtera, damai dan bermartabat sebagai bagian integral dari NKRI.

Tegas Bambang bahwa dalam pendekatan pembangunan, Presiden Jokowi menghendaki penggunaan perspektif sosial budaya dan wilayah adat dalam zona ekologis dalam rangka pembangunan berkelanjutan. Selain itu, upaya-upaya pembangunan difokuskan kepada orang Asli Papua (OAP), tegas Bambang.

Ungkap Bambang bahwa dalam UU No 21 Tahun 2001 tentang Otonomi khusus bagi Provisi Papua, merupakan perwujutan pengakuan Negara akan kekhususan Papua dalam bingkai NKRI. Sehingga pada usia hukum yang mencapai 20 tahun implementasi UU Otsus ini, UU ini telah mengalami perubahan sekarang yang kedua kalinya.

Terkait dengan topik Webinar kali ini, maka melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi, Politik, Hukum dan Keamanan serta Publik Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia bekerja sama dengan Hukum Online menyelenggarakan Sosialisasi Isu Politik dan Pemerintahan melalui Webinar “Cerdas Berdemokrasi Seri Ke 5” dengan tema UU Otsus Papua Untuk apa dan untuk Siapa”.

Dikatannya bahwa maksud terselenggaranya Webinar ini antara lain untuk meningkatkan pengetahuan publik tentang perubahan revisi UU Otsus Papua, selanjutnya juga guna meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya percepatan pembangunan kesejahteraan di Tanah Papua.

Diharapkan juga bahwa dengan terselenggaranya Webinar ini maka akan mendorong masyarakat demi terwujudnya percepatan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua barat, pungkas Bambang mengakiri sambutannya. (ed.zri).

DIBACA 21 kali

About admin adminku

Check Also

Kemendagri Ingatkan Daerah Bisa Disclemer, Bagi Yang Belum Laporkan Inovasinya dalam Indeks Inovasi Daerah Tahun 2021

(pelitaekspres.com)- JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memaparkan sejumlah daerah yang belum melaporkan inovasinya ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *