(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan TIK Universitas Lampung ( Unila ) Dr. Ayi Ahadiat, SE, MBA, menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Lampung dalam rangka Peringatan HUT ke-60 Tahun Provinsi Lampung.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Sidang Paripurna DPRD Provinsi Lampung ini dihadiri oleh Gubernur Lampung dan jajaran Forkompimda provinsi, serta segenap Bupati, PJ Bupati, Wakil Wali Kota Bandar Lampung, dan pimpinan institusi vertikal, organisasi kemasyarakatan, hingga mahasiswa.

Saat membuka acara, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay mengatakan, sebelumnya Provinsi Lampung merupakan keresidenan yang tergabung dengan Provinsi Sumatera Selatan. Akan tetapi pada tahun 1964, secara administratif masih merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan,” kata Mingrum.

Dikatakannya, Lampung jauh sebelum Indonesia merdeka memang sudah menunjukkan potensi yang sangat besar serta corak warna kebudayaan tersendiri yang menambah khazanah adat budaya di nusantara.

Hingga pada tanggal 18 Maret 1964 adalah hari pelepasan secara resmi keresidenan Lampung dari Provinsi Sumatera Selatan yang menjadikan awal berdirinya Provinsi Tingkat I Lampung.

Ia menuturkan, pemerintah memiliki tugas untuk meningkatkan pembangunan di segala sektor termasuk ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Melalui momentum itu, ia melaporkan telah banyak keberhasilan pembangunan di Provinsi Lampung.

Ia juga berpesan pentingnya meningkatkan kebersamaan dan harmonisasi seluruh elemen bangsa untuk saling bahu-membahu bergotong-royong dalam mengentaskan kemiskinan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, kinerja penyelenggaraan pembangunan daerah selama tahun 2023 terus menunjukkan peningkatan.

Hal ini terbukti pada pertumbuhan ekonomi tahun 2023 bergerak naik tumbuh positif 4,55 persen, lebih baik dibandingkan tahun 2022 yang hanya mencapai 4,28 persen dengan PDRB per kapita sebesar Rp48,2 juta.

Kondisi perekonomian tersebut berhasil menurunkan tingkat kemiskinan terbuka Provinsi Lampung tahun 2023 sebesar 4,23 persen, lebih baik dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 4,52 persen. Begitu juga dengan tingkat kemiskinan yang terus menunjukkan penurunan.

Hal ini sejalan dengan tersedianya SDM yang semakin baik karena didukung keberadaan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang sudah mampu bersaing dengan universitas lain di pulau Jawa. Itu terbukti dengan jumlah pendaftaran mencapai 35 persen dari luar Jawa.

Pada HUT ke-60 Provinsi Lampung ini, para undangan menggunakan pakaian khas adat Lampung dengan tujuan untuk melestarikan kearifan lokal budaya Lampung dan meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan pada bangsa dan negara.(Red)