(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG – Saat ini pengguna motor matic semakin banyak jumlahnya. Bukan cuma lebih simpel mengendarainya, motor matic atau skutik belakangan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Agar motor anda tetap awet kita harus selalu jaga kondisi motornya, kalau tidak motor anda bisa mengalami kerusakan yang berat. Salah satu yang harus kita jaga kondisinya yaitu peran kampas rem.

“Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana keadaan kampas rem yang tidak bagus lagi. Dengan dibiarkan begitu saja maka sangat membahayakan pengendara motor. Pengguna motor matic harus peka dan waspada dengan ciri-ciri kampas rem yang tidak bagus lagi.” Ujar Febri Kepala Mekanik TDM Antasari.

Ada beberapa gejala kapan harus ganti kampas rem. Gejalanya yaitu yang pertama pedal rem akan terasa lebih dalam. Yang kedua yaitu daya pengereman menurun, lalu terdengar bunyi gesekan saat direm. Yang keempat yaitu muncul bau terbakar dari bagian belakang motor. Kelima terdapat suara yang timbul di area cakram saat tuas rem ditekan dan yang terakhir yaitu jika kampas rem depan sudah tipis dan tidak diganti, maka piringan cakram akan terkikis dan membuat cakram bisa pecah.