Home / POLITIK / Wakil Ketua DPRD Way Kanan Gelar Acara Begawi Adat Lampung Mancor Rua Zaman

Wakil Ketua DPRD Way Kanan Gelar Acara Begawi Adat Lampung Mancor Rua Zaman

(pelitaekspres.com) -WAY KANAN – Wakil Ketua DPRD Way Kanan, yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Way Kanan, Yusee Sogoran dengan Gelar Sutan Unggak Langik, menggelar acara Begawi Adat Mencor Zaman, Minggu (26/06/2022).

Begawi Adat Mancor Zaman yang dilakukan oleh Tiuh Gunung Katun, Marga Baradatu oleh Keturunan Sogoran, berjalan dengan lancar dan dilakukan juga pemberian Gelar Adat oleh Penyimbang Marga Baradatu.

Penyimbang Marga diumumkan langsung oleh salah seorang pelaku adat, Elyas Yusman dengan gelar Raja Pagar Alam. Dia menyebutkan bahwa, hari ini telah sah nama-nama tersebut nanti memakai Gelar Adat diantaranya, Yusse Sogoran mendapat Gelar Sutan Unggak Langit sedangkan Istrinya, Juai Perawati mendapat gelar Sutan Nyai Ngerita, Anaknya, Tika Janua mendapatkan gelar Ratu Pogor Rakyat .

Sementara Herman HN, Walikota dua Periode Kota Bandar Lampung yang saat ini menjadi Ketua DPW Partai Nasden Provinsi Lampung, mendapatkan Gelar Tuan Penata Marga, Sedangkan istrinya Walikota Bandar Lampung, Bunda Eva dapat Gelat Sri Tuan Paduka.

Selain itu ada juga salah satu Pejabat di Mabes Polri yakni Brigjend Pol Eriyadi dengan gelar Tuan Perwira Tinggi dan Istrinya, Susi Risdawati mendapatkan gelar Ratu Sanjungan.

Selain itu ada nama Akhmad Baedawi, mitra bisnis Yusee Sogoran Sutan Unggak Langik bergelar Ratu Bagus Tiang Marga sedangkan Istrinya, Yaslainy mendapatkan gelar Ibuan Rakyat.

Juga Gelar adat diberikan kepada Riswan Jamaludin, gelar Ratu Sriwijaya sedangkan Istrinya, Rita Aswati mendapatkan gelar Ratu Yang Sri.

Dari pantauan awak media di lokasi, acara pertama kali dimulai pada malam Jum’at, yaitu Cangget Matah, di hari Jum’at acara Manjau Mirul, malam Sabtu Cangget Matah dan hari Sabtu, Manjau Jak Kelama, serta malam Minggu, Sidang Adat dan Cangget Agung. Kemudian hari Minggu, Begawi sekaligus Cacak Canang gelar Puari oleh Sutan Unggak Langik, Malam Senin, Cangget Mejong.(Siratedwin)

 

About admin adminku

Check Also

Ketum RAJA Sangat Berkesan dan Mengapresiasi Penyambutannya di NTB

(pelitaekpres.com) -NTB- Atas undangan dari Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Relawan Anies Jaya (RAJA) NTB dan …

Tinggalkan Balasan