(pelitaekspres.com) -PRINGSEWU- Wakapolres Pringsewu Komisaris Polisi Robi Wicaksono, SH mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dari perilaku negatif yang dapat mengganggu ketertiban umum dan merugikan diri sendiri, keluarga maupun lingkungan di sekitarnya.Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Namun berbagai perilaku negatife juga terjadi di bulan ini seperti tawuran ( Perang sarung ), Sahur on the road yang di isi balap liar, miras bermain petasan hingga penyalahgunaan narkotika.

Himbauan ini disampikan wakapolres Pringsewu,  saat mengadakan Safari kamtibmas Ramadhan di Masjid Taqwa Pringsewu, di tepi ruas jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Pringsewu Barat, Pringsewu pada Senin (18/3/2024) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Robi menekankan betapa pentingnya menjaga ketertiban dan keselamatan bersama di tengah masyarakat, terutama dalam menjalankan ibadah Ramadhan yang penuh dengan nilai kebaikan dan kedamaian. Ia menyoroti beberapa perilaku negatif yang kerap terjadi, seperti tawuran (perang sarung), balap liar, konsumsi miras, dan penyalahgunaan narkotika, yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Pringsewu untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman, tenteram, dan damai, dengan menjauhi segala bentuk perilaku negatif. Mari kita jaga anak-anak kita dari korban atau terlibat kejahatan…apabila kita menyayangi anak-anak kita pastikan pukul 22.00 wib sudah berada di rumah. Sayang sekali apabila di bulan yang mulia ini anak-anak kita atau keluarga kita harus berurusan dengan hukum ujar Robi.

Wakapolres Pringsewu juga mengucapkan terima kasih atas bantuan masyarakat Pemilu berjalan dengan aman dan kondusif, saat ini masih tahap rekapitulasi mari kita bersama-sama menjaga lingkungan kita agar tetap aman dan damai jangan mudah di hasut dan di adu domba.

Imbauan tersebut kata Robi, diharapkan dapat menjadi pemantik kesadaran bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap keamanan dan ketertiban bersama, serta menjadi bagian dari upaya pencegahan terhadap tindakan kriminal yang dapat mengganggu keamanan serta kenyamanan hidup bersama di Pringsewu. Mari kita jaga bersama lingkungan kita pastikan saat ditinggal ibadah sholat tarawih, sholat subuh atau berpergian rumah dan kendaraan kita terkunci dengan baik sehingga tidak memberikan peluang bagi pelaku kejahatan dan apabila nanti rumah kita ditinggal mudik pastikan terkunci serta dititipkan pada sanak keluarga atau tetangga dekat.

Dalam kesempatan ini, Mantan Wakapolres Lampung Barat ini juga berharap datangnya bulan suci Ramadhan saat ini menjadi momentum bagi semuanya untuk lebih meningkatkan keimananan dan menebar kebaikan bagi sesama.

“Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah,limpahan rahmat, ampunan dan karunia Allah SWT. Jadikan momentum untuk menjunjung tinggi  dan menebar nilai-nilai kebaikan,” tandasnya (*)