(pelitaekspres.com)-NIAS-Uskup Keuskupan Sibolga bersama dengan Dirjen Bimas Katolik dan Dirjen Perguruan Tinggi Katolik pada Kementerian Agama RI audiensi kepada Bupati Nias, bertempat di Pendopo Kabupaten Nias, Kamis (25/01/2024)

Pada kesempatan tersebut, Uskup Keuskupan Sibolga, Monsinyur Fransiskus Tuaman Sasfo Sinaga menyampaikan terimakasih atas kesediaan Bupati Nias untuk beraudiensi sekaligus menyampaikan maksud dan tujuan untuk beraudiensi dengan Bupati Nias.

“Tujuan kami beraudiensi adalah untuk bersilaturahmi dengan Bupati Nias. Selain itu, Gereja Katolik Keuskupan Sibolga ingin tetap berkerjasama dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Nias, Saya berharap melalui kerjasama ini dapat membawa kesejahteraan umum bagi masyarakat Kabupaten Nias dan seluruh Umat” Harapnya

Ia mengatakan bahwa kehadiran Gereja Katolik ingin ikut berpartisipasi dalam Membangun Kabupaten Nias.

“Kami berencana untuk mendirikan Sekolah Menengah Atas Katolik dan Pengembangan Sekolah Tinggi Pastoral di Wilayah Kabupaten Nias. Kami memohon kiranya Bapak Bupati Nias bersedia menghibahkan sebidang tanah untuk mendirikan gedung tersebut, agar umat Katolik dapat tersentuh dengan pendidikan” Tambahnya.

Selain itu, Uskup Keuskupan Sibolga memohon dukungan dari Bupati Nias karena tahun ini akan mengadakan Sinode yang ke-III dan Pertemuan Bapak Uskup se-Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Nias Yaatulo Gulo, S E., S.H., M.Si mengucapkan selamat datang kepada Bapak Uskup Keuskupan Sibolga dan seluruh rombongan.

“Kedatangan Bapak menjadi berkat melalui doa bagi kami seluruh masyarakat di Kabupaten Nias” ucap Bupati Nias.

Menanggapi apa yang telah disampaikan oleh Uskup Keuskupan Sibolga, Bupati Nias mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias melalui Bagian Kesra Setda Kabupaten Nias senantiasa berupaya untuk tetap berlaku adil dalam hal pendirian Rumah Ibadah di Kabupaten Nias.

“Kami menyambut baik Pendirian SMA Katolik di Kabupaten Nias. Apapun pembangunan yang akan dibawa di Ibu Kota Kabupaten Nias akan disambut dengan baik dimana aset negara yang masih tersisa akan disiapkan untuk pembangunan bagi kepentingan umum”. Ujarnya.

Terkait rencana pengadaan Sinode ke-III dan Pertemuan Uskup se-Sumatera, Bupati Nias akan tetap mendukung namun masih perlu disesuaikan dengan kondisi dan jadwal kegiatan di Daerah maupun dari Pusat.

“Terimakasih atas audiensi, silahturahmi, doa dan dukungan Bapak Uskup Keuskupan Sibolga. Saya berharap, kiranya tujuan kita bersama untuk memajukan Kabupaten Nias dapat terlaksana dan tercapai dengan baik” Tutup Bupati Nias mengakhiri sambutannya.

Pada Kegiatan tersebut diakhiri dengan Penyerahan Cinderamata berupa Plakat oleh Bupati Nias kepada Monsinyur Fransiskus Tuaman Sasfo Sinaga sekaligus Foto Bersama

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Dandim 0213 Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Kepala Bagian Lingkup Setda Kabupaten Nias, Ketua STP Dian Mandala Gunungsitoli, Pastor Doni, Ketua Yayasan Budi Bhakti, Pastor Vincen, Wakil Ketua STP Dian Mandala, Pastor Paulinus, Vikaris Episkopal Pastoralis, Pastor Bartholomeus, Vikaris Episkopal Proreligius, Pastor Purwo, Sekjen Keuskupan Sibolga, Pastor Blasius, Demands Dekanat Nias, Pastor Tema Gulo, Ekonom Keuskupan Sibolga, Pastor Albion, Ketua Komisi Pendidikan Keuskupan Sibolga, Pastor Gusti Faran,
sumber niaskab.go.id.(Toro Harefa)