(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Universitas Lampung (Unila) menjadi tuan rumah Forum Pengurus Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (Forpimawa) tahun 2024, yang berlangsung di Hotel Grand Mercure, Bandar Lampung, Kamis, 7 Maret 2024.

Kegiatan dihadiri ratusan peserta berasal dari seluruh wilayah di Indonesia, termasuk di antaranya Ketua Forpimawa, jajaran pengurus lainnya, serta Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., dan Wakil Wali Kota Bandar Lampung Dedy Amrullah.

Forpimawa merupakan forum khusus bagi pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan yang berfokus pada pembahasan mengenai isu terkini di bidang kemahasiswaan serta Inovasi pengembangan sumber daya manusia mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T., mewakili Rektor Unila dalam sambutannya menyampaikan, gelaran acara Forpimawa hari ini merupakan sumbangsih Unila dalam berkontribusi membangun pembinaan kemahasiswaan Indonesia yang maju, berprestasi, dan berdaya saing.

“Sebagai tuan rumah, kami berupaya untuk mempersiapkan kegiatan ini dan memberikan layanan sebaik mungkin kepada para peserta,” ujarnya.

Selanjutnya Menko PMK RI Prof. Muhadjir Effendy berharap pertemuan ini dapat dijadikan ajang tali silaturahmi antarpemimpin perguruan tinggi di seluruh Indonesia. “Semoga pertemuan ini mampu menghasilkan gebrakan inovatif dalam mempersiapkan generasi emas Indonesia tahun 2045,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus Forpimawa 2024 yang diketuai Dr. Nur Subeki, S.T., M.T, serta foto bersama seluruh pengurus. Forpimawa 2024 dijadwalkan berlangsung hingga Jumat, 8 Maret 2024.

Beberapa agenda Forpimawa di antaranya sosialisasi program Belmawa oleh Direktur Belmawa Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T.

Sosialisasi Program Pusat Prestasi Nasional/Puspernas 2024 oleh Kapuspernas Dr. Maria Veronica Irene Herdjiyono, M.Si., city tour guna mengenal budaya Lampung dan ditutup dengan kegiatan pengabdian sebagai bentuk kontribusi positif kepada masyarakat.

Kegiatan diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi di antara pimpinan perguruan tinggi dalam mengembangkan potensi dan kualitas mahasiswa di Indonesia.(Red)