(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Universitas Lampung ( Unila ) mengadakan sosialisasi dan launching penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun 2024 di Gedung Serbaguna Unila pada Selasa, 6 Februari 2024.

Kegiatan mengusung tema “PROAKTIF” (Profesional, Akuntabel, Transparan, dan Informatif) ini secara resmi dibuka Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., ASEAN., Eng.

Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tahapan seleksi masuk perguruan tinggi dan kapasitas penerimaan mahasiswa di Unila kepada pihak sekolah. Selain itu, Unila berupaya meningkatkan pemerataan akses pendidikan di Provinsi Lampung.

Prof Lusi menyampaikan, Unila berupaya memperkenalkan perguruan tinggi kepada masyarakat melalui Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten Way Kanan dan Kabupaten Lampung Tengah.

Sebagai bagian dari langkah-langkah strategi, Unila mengadakan sosialisasi dan promosi sejak Januari 2024. “Diharapkan kegiatan ini dapat membuka wawasan bagi pihak sekolah, guru, dan siswa, tentang proses PMB di PTN, khususnya di Unila,” ujarnya.

Prof Lusi juga mengingatkan siswa dari keluarga prasejahtera tentang ketersediaan beasiswa, termasuk KIP Kuliah dari pemerintah pusat dan program beasiswa PMPAP dari Unila yang memberikan bantuan kuliah tanpa membayar UKT selama empat tahun.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng., Suripto Dwi Yuwono, S.Si., MT, menyampaikan, total kuota daya tampung Unila untuk jenjang sarjana (S-1) dan vokasi (D-3) tahun ini sebesar 9.815 orang.

Kuota ini terbagi menjadi 26,60% untuk jalur SNBP, 54,47% untuk jalur SNBT, dan 18,93% untuk jalur Mandiri. Pembagian kuota sudah memenuhi regulasi dan didistribusikan pada 66 program studi jenjang S-1 dan 13 program studi jenjang diploma.

Kepala Cabang Dinas Wilayah II, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sunardi, M.Pd., menyambut baik peluncuran program dan sosialisasi PMB tahun ini. Ia berharap, siswa dapat termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

Kegiatan tersebut juga mencakup jajaran wakil rektor, menteri keuangan, para dekan, para kepala biro, para ketua lembaga, serta kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru SMA, SMK, dan MA se-Provinsi Lampung.

Usai Perayaan, acara dilanjutkan dengan launching PMB Unila 2024, sesi foto bersama, penyampaian materi oleh Koordinator Humas PMB 2024 Muhamad Komarudin, MT dan Kepala Pusat Asesmen PMB Ing. Hery Dian Septama, ST, diakhiri dengan sesi diskusi.(Rls)

 

Tinggalkan Balasan