(pelitaekspres.com) –MESUJI- Desa yang masih masuk dalam katagori tertinggal dan berada d ujung kabupaten tersebut, masih sangat membutuhkan perhatian serius dari pemerintah daerah setempat, Rabu (24/1/2024).

Keberadaan Mahasiswa KKN Unila di Desa Suka Maju tentu menjadi “anugrah”  dan merupakan “sejarah” tersendiri untuk masyarakat dan desa setempat.

Infrastruktur jalan yang belum tersentuh pembangunan ( jalan tanah) menjadi tantangan yang tidak mudah bagi mahasiswa KKN Unila Periode Pertama ini, apalagi pd saat musim hujan seperti saat ini.

Namun demikian dukungan penuh dari Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Suka Maju menjadi “energi” dan motivasi tersendiri untuk mereka.

Berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dapat dilaksanakan berkat dukungan dan partisipasi pemerintah Desa Suka Maju dibawah kepemimpinan *Kepala Desa Bapak, M. Wirmansyah.

Menurut Koodinator Desa Mahasiswa KKN, M. Zakky Putra Akbar,  Mahasiswa Semester VI Fakultas Kedokteran Unila, selama ber KKN d Desa Suka Maju mereka mendapatkan banyak pengalaman, pengetahuan dan ilmu kemasyarakatan yang tidak mereka dapatkan di Kampus. Mereka pun sangat bersyukur atas antusiasme dan dukungan masyarakat desa setempat sehingga program-program Mahasiswa KKN dapat berjalan dengan baik.

Adapun kegiatan yang sudah berjalan, antara lain:

  1. Kegiatan sosialisasi tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
  2. Pembinaan Generasi Muda melalui kegiatan-kegiatan sosial, pendidikan, keagamaan, seni dan olah raga.
  3. Pembagian sabun cuci tangan sekaligus praktek cara mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun.
  4. Sosialisai berbagai produk-produk hukum yang terkait dengan pemerintahan desa dan sosialisasi anti bullying.

Serta berbagai kegiatan-kegiatan produktif lain nya.

Harapannya kedepan Desa Suka Maju bisa mendapatkan perhatian dan prioritas pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.(Rls)