Home / OTOMOTIF / TDM-MOTOR / Trik Bikin Kaca Spion Motor Kilau Kinclong

Trik Bikin Kaca Spion Motor Kilau Kinclong

(pelitaekspres.com) – BANDAR LAMPUNG – Kehadiran spion pada sepeda motor tentunya bukan hanya sebatas aksesori atau hiasan semata. Akan tetapi, memiliki fungsi yang penting. Spion berfungsi untuk memudahkan pengendara melihat sudut pandang yang sulit dijangkau pada saat melaju di jalanan. Dengan adanya spion, tentunya akan membantu kamu saat berbelok, pindah jalur, parkir, dan seterusnya.

Menurut Suroso, Kepala AHASS Astra Motor Imam Bonjol, seiring dengan penggunaan, kaca spion juga kerap kali dalam kondisi yang kotor atau terdapat bercak-bercak noda. Hal tersebut bisa terjadi karena kaca spion sering kali terpapar sinar matahari, air hujan, debu, hingga udara yang lembab. Kaca spion yang kotor dan terdapat noda tentunya akan sangat mengganggu tampilan hingga fungsinya. Hal ini tentunya tidak boleh diremehkan karena berisiko membahayakan pengendara. Oleh karena itu, penting juga untuk merawat kaca spion agar tetap bersih.

Namun, terkadang meskipun sudah membersihkan kaca spion, masih saja ada noda bekas bintik-bintik air yang meninggalkan bercak putih yang tidak cukup sulit dihilangkan. Apabila kamu tidak menghapus noda tersebut dengan benar, maka akan terus melekat dan akan membuat penampilan motor jadi kurang berkilau.

“Sebenarnya, untuk bisa menghilangkan bekas noda air yang membandel terbilang tidak begitu sulit. Pasalnya, kamu hanya tinggal memanfaatkan bahan pembersih yang ada di dalam rumah kamu” tambah Suroso.

Menurut Suroso, berikut ini bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat kaca spion kembali kinclong.

Jeruk lemon

Perasan jeruk lemon berguna untuk menghilangkan noda air dari cermin karena keasamannya. Cara menggunakan, yaitu campur perasan lemon dengan air. Gunakan campuran ini untuk menghilangkan noda air dari spion.

White vinegar (cuka putih)

Cara menggunakannya dengan menyemprotkan cuka langsung ke kaca. Setelah itu, tinggal lap hingga bersih. Selain itu, bisa juga dengan mencelupkan kain bersih ke dalam cuka putih. Lalu, seka spion dengan lap. Pastikan mengenakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan kamu dari keasaman cuka.

Baking soda

Manfaat baking soda telah lama disebut-sebut bisa jadi pembersih yang paling ampuh. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Campurkan soda kue dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan pasta ke area kaca spion yang bernoda. Biarkan selama setengah jam. Setelah itu, baru bilas menggunakan handuk basah. Ini akan membuat kaca spion tampak seperti baru.

Spiritus

Bahan pembersih berikutnya bisa menggunakan Spiritus. Campur satu sendok spiritus dengan dengan tiga sendok air. Campuran ini efektif untuk menghilangkan noda pada kaca dengan intensitas ringan.

Amonia

Caranya, buat campuran amonia dan air. Kemudian masukkan handuk ke dalamnya. Gunakan handuk untuk membersihkan noda air. Saat menggunakan Amonia, pastikan kamu selalu menggunakan sarung tangan. Sebab, bahan ini bisa menyebabkan kulit perih dan melepuh. (*)

About admin adminku

Check Also

Aplikasi MotoRan Mudahkan Pelayanan Untuk Konsumen Honda

(pelitaekspres.com) – PESAWARAN –  Honda Jaya Motor Gedongtataan, Pesawaran melakukan Edukasi aplikasi MotoRan kepada Konsumen …

Tinggalkan Balasan