Home / DAERAH / Tradisi Selapan, Salah Satu Warisan Budaya Leluhur

Tradisi Selapan, Salah Satu Warisan Budaya Leluhur

(pelitaekspres.com) -PRINGSEWU- Peringatan weton selapan dalam masyarakat dari suku Jawa adalah memperingati hari ke 36 Bayi yang baru dilahirkan,dan biasanya setiap bulan ini rutin di lakukan sampai dengan usia Bayi 6 bulan. Dimana di sebut juga rong lapan untuk dua bulan telulapan untuk 3bulan, papat ,limo dan enam lapan.

Tradisi ini sering di lakukan masyarakat suku jawa sebagai pengingat bahwa sang anak sudah bertambah usia, yang berarti si buah hati sudah mengalami perubahan fisik ,mental dan batinnya ujar ibu Ambi yang kebetulan hari ini mengadakan acara rong lapan untuk Putrinya Layla yang berusia 40 hari, Ia juga menyampaikan kalau Tradisi ini adalah Juga warisan leluhur Suku Jawa , iya berharap generasi muda akan ikut melestarikan budaya ini, kalau kami penerusnya tidak menjaga tradisi ini, kami masyarakat jawa akan kehilangan jati diri kami sebagai masyarakat yang berbudi luhur. Karna di dalam Tradisi ini banyak pesan pesan moral baik yang harus di jaga dan di jalankan ujarnya,

Sebelum acara ini di mulai , keluarga akan membuat makanan yang mana menu yang wajib di sajikan yaitu kluban atau Urap yang terdiri dari sayur sayuran yg di rebus di tambahkan dengan parutan kelapa, dan nantinya akan di tempatkan di wadah yg terbuat dari daun pisang atau sering di sebut Pincuk , biasanya Kerupuk ,Tempe, Mie danTelur akan di tambahan sebagai menu tambahan, di mana telur di anggap sebagai salah satu mulainya kehidupan.

kemudian makanan yang sudah di masukan ke dalam pincuk akan di bagikan kepada saudara, tetangga dan anak anak kecil di lingkungan tempat tinggal mereka. Dengan harapan kelak si anak akan menjadi pribadi yang baik yang mau berbagi ,Peduli dengan sesama,dan selalu bersyukur atas apa yang telah Allah berikan.

Melalui acara ini kami ingin semua ikut merasakan kegembiraan atas kelahira putri kami, acara ini juga sebagai bentuk rasa syukur kami atas keselamatan yang telah Allah berikan kepada anak kami dan juga ibunya , kami mohon Doa untuk Putri kami Layla nur chayra Ramadhani agar menjadi anak Soleha yang sukses dunia wal ahirat, Harap Ambi( Mulia Mega )

About admin adminku

Check Also

Rumsiah Warga Kemala Raja Butuh Uluran Tangan Dermawan

(pelitaekspres.com) –LAMPURA- Nasib naas ibu muda bernama Rumsiah alamat kemala raja kecamatan Tanjung Raja kabupaten …

Tinggalkan Balasan