Home / Komando / Tolong Menolong Cermin dari Bangsa Indonesia

Tolong Menolong Cermin dari Bangsa Indonesia

(pelitaekspress.com) -TULUNGAGUNG,- Wajah bangsa Indonesia yang memiliki dasar dan azas Pancasila merupakan salah satu wujud bahwa bangsa memiliki adat ketimuran dan anggah-ungguh dalam melaksanakan segala hal, karena dari sila-sila Pancasila tersebut, antara sila pertama sampai sila ke lima saling berkaitan satu sama lainnya.

Tentu saja dalam melaksanakannya diperlukan keikhlasan serta kebiasaan sejak dini agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di dalam masyarakat. Mulai dari sila pertama Pancasila yang berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa ini memiliki makna bahwa di Indonesia setiap orang memiliki keyakinan masing-masing dalam menyembah kepada Tuhannya.

Jika dijabarkan lebih detail dari sila-sila Pancasila tersebut tentu tidak akan cukup untuk membahasnya karena dalam sila satu dengan sila yang lain berbeda-beda arti meskipun satu kesatuan.

Bahkan ketika warga desa Ngepoh yang melewati lokasi TMMD ini sedang mengalami macet kendaraannya yang mengangkut pakan ternak, Serma Yudhi segera menolong dan mendorongnya agar motor tersebut kembali jalan.

“Inilah yang menjadi kekhasan dari bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat yang selalu berpedoman dengan Pancasila karena dalam sila tersebut memiliki nilai luhur budaya bangsa,” kata Serma Yudhi, Sabtu (4/7/20).

Sementara itu, Sumarno mengucapkan terimakasih kepada Serma Yudhi sebab motor yang ditumpanginya kini bisa berjalan normal dan dirinya tidak jadi kemalaman sampai di rumah untuk memberi makan ternaknya.(*)

 

DIBACA 569 kali

About pelitaekspres

Check Also

Danramil 410-05/TKP Hadiri Loka Karya Mini Lintas Sektor Kecamatan Tanjungkarang Barat

(pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG- Danramil 410-05/TKP Kapten Inf Bunyamin menghadiri loka karya mini lintas sektor di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.