(pelitaekspres.com) -PALEMBANG – Kapolda Sumatera Selatan Irjen A Rachmad Wibowo Sik meninjau langsung kegiatan pemberian pelayanan kesehatan (yankes) oleh tim terpadu dari Rumah Sakit Bhayangkara Bidang Kedokteran Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Sumsel dan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel kepada petugas penyelenggara pemilu di PPK kecamatan Seberang Ulu I kota Palembang, Jumat (16/2/2024).

Tim Yankes terpadu yang dikomandoi langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Dokkes Polda Sumsel Kombes dr Syamsul Bahar M.Kes dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dr H Trisnawarman sigap memberikan pelayanan kesehatan bagi petugas penyelenggara pemilu di PPK dan petugas pengamanannya. Pelayanan yang diberikan mulai dari pemeriksaan tensi, darah hingga pemberian vitamin kepada petugas PPK.

Kapolda Sumsel Rachmad Wibowo yang hadir didampingi Kapolrestabes Palembang Kombes Harry Sugihartono Sik memastikan tim Yankes terpadu memberikan dukungan kesehatan bagi penyelenggara pemilu, khususnya petugas PPK dan petugas pengamanan,  yang secara serentak akan memulai proses penghitungan suara di PPK Sabtu (17/2).

“Ini ada tim gabungan, baik dari kepolisian, dinas kesehatan Provinsi, TNI semua sudah mendapat arahan untuk tetap mengutamakan kesehatan para penyelenggara seperti KPU, Bawaslu dan juga petugas pengamanan. KPPS sedah menyelesaikan tugasnya, hampir semua kotak suara sekarang ada di PPK. Sekarang kita jaga kesehatannya PPK, termasuk juga anggota yang mengamankan, baik anggota TNI, Polri maupun Linmas,” ujar Rachmad.

“Syukur alhamdulillah, sejauh ini tidak ada (gangguan) yang serius, ada tiga personel kepolisian yang mengalami kecelakaan lalulintas, 1 diantaranya kejadian di Empat Lawang dengan kondisi cukup parah luka dikepala, namun sudah ditangani tim dokter kita di rumah sakit bhayangkara Palembang,” lanjutnya.

Mensikapi hal tersebut, mengingat kegiatan masih berlangsung, dan cuaca yang rawan hujan dan banjir, Rachmad mengaku tetap memberikan himbauan keselamatan kepada petugasnya dilapangan.

“Kita himbau untuk seluruh penyelenggara maupun petugas keamanan, karena tugas kita berat dan waktunya panjang, ditambah lagi medannya yang cukup ekstrim cuaca yang berubah-ubah, curah hujan yang cukup deras. Jangan dipaksakan, jika mau berpindah dari satu tempat ketempat lain. Jika kondisi capek obatnya hanya satu, istirahat. Jangan dipaksakan,” tutupnya. (Ags).

Tinggalkan Balasan