(pelitaekspres.com) –METRO- Persatuan Mahasiswa Agroteknologi (Perma AGT) Fakultas Pertanian ( FP ) Universitas Lampung ( Unila ) melakukan kunjungan ke Kampung Kreatif Payungi, di Yosomulyo, Kota Metro, pada Minggu, 12 Mei 2024.

Kunjungan merupakan salah satu program kerja Perma AGT periode 2024 bertajuk “PITON: Pengmas Berkolaborasi “. Sesuai dengan namanya, program ini difokuskan pada kegiatan kolaborasi dengan pihak atau komunitas yang bergerak di bidang pengabdian dengan tujuan edukasi, relasi, dan eksistensi.

Kunjungan dilakukan 20 pengurus Perma AGT didampingi Ketua Umum Deni Tri Prabowo. Rangkaian kegiatan diawali dengan mengeksplorasi Kampung Payungi mulai dari taman kelinci, area pemancingan, sekolah seni, toko merchandise, dan wisata kuliner di pasar rakyat Payungi.

Kemudian dilanjutkan dengan dialog santai membahas terkait sejarah, proses perkembangan, dan strategi pembangunan Kampung Payungi bersama salah satu pendiri Payungi Dharma Setyawan.

Dharma menjelaskan, awal mula berdirinya Payungi atas dasar keresahan dan kesadaran para pemuda. “Kampung Payungi berawal dari para pemuda yang ingin menjadikan tembok di tengah kampung bukan sebagai pembatas tetapi sebagai tempat interaksi antarmasyarakat kampung,” ujarnya.

Founder Payungi sekaligus Dosen IAIN Metro juga membagikan banyak ilmu dan pengetahuan mengenai strategi dan tahapan awal dalam memberdayakan masyarakat dan mengembangkan suatu kampung. Selain itu, para pengurus Perma AGT berdiskusi terkait tantangan, kendala, dan solusi dalam mengembangkan suatu desa.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat sebagai simbol rasa terima kasih Perma AGT kepada Payungi, lalu dilanjutkan foto bersama. Ketua Umum Perma AGT, Deni Tri Prabowo berharap, silaturahmi ini bisa terus menjalin hubungan dan kolaborasi dengan Payungi.(Red)

 

Tinggalkan Balasan