Home / Pemprov / Tenaga Ahli Gubernur Lampung Bidang IT, Menjadi Narasumber  Sosialisasi Kartu Petani Berjaya (KPB) di  Tulangbawang Barat

Tenaga Ahli Gubernur Lampung Bidang IT, Menjadi Narasumber  Sosialisasi Kartu Petani Berjaya (KPB) di  Tulangbawang Barat

(pelitaekspres.com) – TULANGBAWANG BARAT – Tenaga ahli Gubernur  Lampung, Bidang IT, Dr. Ir. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis, IPU, ASEAN.Eng, menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Kartu Petani Berjaya (KPB) yang dilaksanakan Pemkab Tulangbawang Barat, Selasa (27/12/2022).

Kegiatan sosialisasi yang dibuka Penjabat Bupati Tulangbawang Barat, Zaidirina, tersebut, Syopiansyah Jaya Putra menjelaskan diantaranya tentang layanan baru pada aplikasi e-KPB.

Layanan baru tersebut adalah  Halo medik vet (dokter hewan) merupakan sistem perantara untuk mempertemukan antara peternak/masyarakat dengan dokter hewan untuk dapat berkomunikasi/konsultasi dengan petugas dokter hewan di kabupaten/kota terkait masalah Kesehatan hewan;

Lalu Layanan Gudang ternak, (layanan kepada peternak berupa informasi straw mani beku, pakan dan pelaku usaha serta lalu lintas ternak);  dan Layanan Alsintan, sertifikasi pemeriksaan dan pengujian dalam rangka penerbitan sertifikat mutu benih, layanan alsintan (layanan peminjaman alat dan mesin pertanian untuk proses budidaya dan pasca panen);

Terakhir  Layanan e-sertifikasi benih (dan layanan pemasaran hasil pertanian, perikanan dan UKM sehingga mendapatkan harga pantas.

Kegiatan tersebut diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat, Kepala Tiyuh (Kepala Desa) dan Kepala BPP se  Kabupaten Tulangbawang Barat.

Pj Bupati Tulangbawang Barat  Zaidirina, menyampaikan, bahwa Program Kartu Petani Berjaya merupakan Program Unggulan Pemerintah Provinsi Lampung yang bertujuan menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama.

Seiring perkembanganya Program Kartu Petani Berjaya ,saat ini telah Berbasis Elektronik (e-KPB). Penyelenggaraan program e-KPB memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan layanan terpadu dan berkesinambungan kepada pengguna KPB.

Pj Bupati Zaidirina menambahkan, Program Kartu Petani Berjaya berbasis elektronik (e-KPB) melibatkan beberapa stakeholder dalam pelaksananya,  yaitu: Petani, Kelompok Tani, Penyuluh Pertanian, Distributor Pupuk, Kios/Toko Saprotan, perbankan/lembaga Keuangan, Pembeli/Offtaker, ahli dan pakar, serta Pemerintah Daerah.

Terdapat Enam Layanan Unggulan Pada E-KPB antara lain: Layanan Kemudahan untuk mendapat Sarana Produksi Pertanian (seperti Pupuk, Bibit dan obat obatan).Layanan Kemudahan untuk mendapatkan akses permodalan dari penbankan, koperasi, dan lembaga keuangan lainnya yang sah. Misalnya kemudahan untuk mendapat Kredit Usaha Rakyat (KUR);  Layanan Kemudahan untuk mendapatkan bantuan, pembinaan manajemen dan teknologi dalam bentuk pendampingan.

Kemudian Layanan Kemudahan pemasaran hasil pertanian/offtaker; Layanan Kemudahan mendapat asuransi; dan   Layanan kemudahan untuk mendapat beasiswa bagi keluarga petani miskin.

Zaidirina berharap melalui kegiatan sosialisasi itu seluruh peserta nanti nya dapat memberikan pemahaman kepada mansyarakat khususnya para petani tentang tujuan dan manfaat dari layanan yang terdapat pada Program Kartu Petani Berjaya .

“Seluruh komponen dalam pemerintahan daerah mampu menjadi agent penyebar informasi terkait Program KPB di wilayahnya masing masing dan layanan layanan unggulan apa saja yang terdapat dalam Progra KPB, ” pungkasnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

About admin adminku

Check Also

Resmi di Lantik Ahmad Usmarwi Kaffah Siap Membangun dan Memajukan Muara Enim

(pelitaekspres.com.com) -PALEMBANG- Gubernur Sumsel H Herman Deru melantik H. Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LLM (Bham)., …

Tinggalkan Balasan