(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG – FKIP Unila dan UTM melakukan Penandatanganan Implementation Agreement (IA). Dimana IA merupakan dokumen yang memuat rincian rencana implementasi kegiatan kerja sama berdasarkan MoU/MoA yang telah disepakati sebelumnya (22/1/2024).

Adapun pada pertemuan ini Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Unila yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Kimia berkesempatan melakukan diskusi dengan UTM yang juga diwakili oleh dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FSSH).

Adapun empat orang dosen dari UTM adalah Assoc. Prof.Ts. Nor Hasniza Ibrahim (Dosen Pendidikan Biologi), Dr. Norfarahwahidah Abdul Rahman (Dosen Pendidikan Fisika), Dr. Muhammad Ikram Zakaria (Dosen Pendidikan Matematika), dan Dr. Chuzairy Hanri (Dosen Pendidikan Kimia).

Kegiatan ini diawali dengan diskusi oleh masing-masing program studi untuk merencanakan kegiatan-kegiatan yang memungkinkan untuk direalisasikan pada tahun 2024, yang kemudian dilakukan penandatanganan IA antar program studi yang diketahui oleh para Dekan masing-masing pihak.

Adapun kegiatan yang direncanakan oleh masing-masing program studi untuk dilaksanakan pada tahun 2024 ini adalah sebagai berikut:

Kerjasama bidang penelitian akan dilakukan melalui penelitian bersama. UTM akan menyediakan data primer dan sekunder untuk melengkapi data berdasarkan instrumen penelitian (target waktu 2 minggu).

Kegiatan akan dilanjutkan dengan penulisan artikel luaran penelitian dengan target jurnal internasional Scopus antara Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNILA dan FSSH UTM.

Biaya publikasi menjadi tanggung jawab FSSH UTM. Kegiatan penelitian direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2024 dimana pihak FSSH UTM merencanakan penelitian lanjutan dengan pihak FKIP UNILA, tetapi dengan terkait pembiayaan sedang dibicarakan untuk mencapai kesepakatan bersama.

Kerjasama bidang pendidikan dengan menyeleggarakan kuliah tamu (kuliah tamu) dengan sasaran mahasiswa pascasarjana atau sarjana.

Sebelum dilaksanakan, kegiatan perlu ditindaklanjuti dengan melihat mata kuliah dan topik yang sesuai. Kegiatan kuliah tamu akan dilakukan sebanyak 30% dari total pertemuan secara online atau sebanyak 4 kali pertemuan dari 14 kali pertemuan dalam satu semester.

Kuliah dosen tamu dapat dilaksanakan 50% dari total pertemuan yang ada. Berkaitan dengan pembiayaan akan ditanggung oleh institusi yang mengundang dosen tamu.

Kerjasama bidang pendidikan dengan menjadi pembimbing tugas akhir (tesis) siswa.

Kerjasama bidang pengabdian yaitu pengabdian kepada masyarakat (akan dibicarakan lebih lanjut).

Rincian rencana program serta perkiraan waktu pelaksanaan disajikan pada tabel berikut.

Kuliah Tamu dari dosen UNILA

Kuliah dari pengajar UTM untuk siswa

Kunjungan Industri

Perlu mencari data tujuan perusahaan yang akan dikunjungi

Benchmarking kurikulum untuk pascasarjana S2 Pendidikan Fisika. Jumlah siswa 9 orang.

Penjaminan Mutu. Pembagian penjaminan mutu oleh koordinator

Publikasi Pencocokan publikasi Scopus – Penilaian 2024 (mulai Februari).

Kurikulum Pembimbing eksternal (untuk S2) Penguji Eksternal (untuk S3)

Timeline kegiatan sebagai berikut:

Kegiatan Tanggal yang Diharapkan Target

Publikasi Gerak Kerja Penyelenggara

Pendidikan Biologi

Dosen Tamu Matakuliah: Rancangan Kurikulum/ Telaah Kurikulum Rencana Pada Pekan ke 3 dan 4 Bulan April 2024

Mahasiswa seminar: Formandibula dan Himasakta Rencana Pada Pekan ke 3 dan 4 Bulan Mei 2024

Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema STEM-activity dan Sasaran Pengabdian adalah Guru dan Siswa SMA/SMP, Rencana Pada bulan Juni 2024

Pelaksanaan pertukaran pembahas atau penguji pelajar, Rencana Pada bulan Juni 2024

Pendidikan Kimia

Kolaborasi Penelitian pada fokus STEM-PjBl dan STEM-PBL Pembentukan badan khusus yang menangani kegiatan mobilitas mahasiswa Eksekusi dosen tamu internasional pada Mata kuliah UTM: Metode pengajaran dan penilaian dan mata kuliah Unila: Penilaian Pembelajaran.

Pelaksanaan penelitian mini oleh siswa ke Sekolah-sekolah. Penelitian mengenai bahan kajian HOTs, Saintific Skill, Behavior (sikap), Bentuk Mix Method.

Kegiatan Service Learning (PKM) berupa hasil penelitian penelitian Assessment (berdasarkan hasil mini penelitian oleh mahasiswa) yang selanjutnya akan diseminarkan bersama Guru-Guru di Malaysia (PLC, JKD) dan di Unila (MGMP, AGKI).

Kegiatan pertukaran Penguji Skripsi/ Disertasi (UTM), Akan dilaksanakan mulai Juni (Dosen UTM menguji skripsi mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Unila), Juli (Dosen Unila menguji mahasiswa Pendidikan Kimia UTM), akan dilaksanakan secara Hybrid.(Red).

Tinggalkan Balasan