Home / OTOMOTIF / TDM-MOTOR / Solusi Rantai Kendor, Bisa Dilakukan di Rumah

Solusi Rantai Kendor, Bisa Dilakukan di Rumah

(pelitaekspres.com) – KOTA GAJAH – Pemakaian sehari-hari memang nggak bisa dipungkiri bikin performa motor kian menurun kalo sobat nggak rutin merawatnya. Seperti halnya umur komponen yang makin menurun sejak pertama kali beli bikin rantai motor jadi kendor. Oleh karena itu, Sobat Bikers perlu melakukan servis motor secara berkala. Lalu, bagaimana solusi nya jika rantai motor kendor? Simak penjelasan berikut.

1 .Mengganti Gearset / Chainkit (Satu set)

Solusi rantai motor kendor pertama yang paling ampuh yaitu dengan mengganti gear set dengan spesifikasi dan ukuran yang tepat. Ukuran gearset umumnya 14-39 (14 mata gear bagian depan + 38 mata gear bagian belakang) dengan ketebalan rantai 428H. Gunakan perbandingan rasio yang lebih ringan alias gear belakang yang lebih besar untuk pemakaian di daerah pegunungan. Selain akselerasi juga makin mantap, konsumsi bensin juga makin irit.

  1. Jaga Kebersihan Motor

Untuk mencegah rantai motor sering kendor adalah rajin membersihkan kotoran dan lumpur/tanah yang menumpuk di rantai. Agar kinerja mesin nggak terlalu berat dan motor pun terlihat selalu lebih bersih.

  1. Pasang Tensioner

Memasang tensioner rantai bisa jadi solusi tepat dan yang paling simpel untuk dilakukan. Cukup buka aplikasi belipart, lalu pilih warna terus langsung order. Tensioner rantai ini berfungsi untuk menjaga kekencangan rantai biar nggak gampang (kendor-kencang) saat digunakan.

  1. Menggunakan Pelumas Rantai Khusus

Pencegahan kendornya rantai motor bisa dengan rutin melumasi bagian rantai dengan pelumas khusus rantai. Sangat tidak dianjurkan pakai oli bekas. Cara ini berfungsi agar rantai motor nggak cepat aus dan awet.

“Nah kalau tidak mau motor nya bermaslah bias banget service rutin ke AHASS Kota Gajah,” tutur Mudarin Anwar, Kepala Mekanik AHASS TDM Kota Gajah, beberapa waktu lalu.

Anda bisa datang langsung ke TDM Kota Gajah pada jam operasional yaitu pukul 08.00 sampai 16.00 atau melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Untuk info lebih lanjut anda dapat menghubungi 0852-6796-5653 (pada jam kantor).

About admin adminku

Check Also

Tips Pergantian Filter Udara Sepeda Motor

(pelitaekspres.com) –KOTABUMI- Filter udara yang kotor dapat menyebabkan mesin cepat rusak. Sebab, pembakaran tidak sempurna …

Tinggalkan Balasan