Home / PENDIDIKAN / Sistem Informasi Sdm Berprestasi Pada SD Global Surya
Arie Setya Putra-Daffa Adi Pratama

Sistem Informasi Sdm Berprestasi Pada SD Global Surya

(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Perkembangan era-globalisasi saat ini adalah sebagai upaya peningkatan kualitas sistem didalam perusahaan. Banyaknya bagian yang harus ditingkatan kualitasnya salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM).

Sumber Daya Manusia merupakan prioritas utama dalam pembangunan nasional, kedudukan guru sebagai seorang pendidik memegang peran penting dalam proses belajar mengajar dan meningkatkan prestasi siswa–siswi di bidang akademik maupun non akademik, salah satu hal yang bisa memotivasi guru agar selalu mengembangkan dirinya adalah memberikan penghargaan sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) berprestasi dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. selama ini yang dilakukan pada SD Global Surya dalam menentukan guru berprestasi sebagai SDM bermutu yang dinilai melalui sistem mengajarnya yang masih dilakukan dengan cara pengisian formulir rekomendasi hasil kerja. Cara tersebut dinilai masih kurang efektif dan efisien. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah model penentuan guru berprestasi di SD global surya berbasis Web dengan menggunakan metode waterfal dan pengumpulan data kualitatif dilapangan. Perancangan sistem ini dapat menampilkan hasil prestasi SDM di SD Global Surya sesuai dengan harapan semua pihak SDM.

Dalam rancangan pengembangan sistem SDM berprestasi, ditemukan sebuah hambatan diantaranya data prestasi SDM hanya dikelola oleh pimpinan saja sehingga rekomendasi prestasi tidak dilakukan secara trasparan dan pengelolaan yang tidak dilakukan secara efektif dan efisien tidak menunjukan kualitas data dilapangan secara update.

Kemudian setelah data prestasi SDM yang telah diisi melalui formulir rekomendasi pimpinan menjadi acuan personal yang dikhawatirkan adanya diskriminasi data SDM di SD Global Surya. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama karena proses antrian untuk banyak nya data SDM yang dikumpulkan dari unit lainnya. Sehingga dibutuhkan sebuah perancangan sistem informasi SDM berprestasi berbasis web yang memudahkan dalam pengambilan keputusan.

Perancangan sistem informasi SDM berprestasi dengan penggunaan metode Waterfall, diharapkan menjadi sistem yang dapat memproses data dan menyimpan dengan media database dengan kombinasi hitungan data dilapangan mengunakan metode hitungan kualitatif.(Penulis : Arie Setya Putra-Daffa Adi Pratama)

About admin adminku

Check Also

UMITRA Jalin Kerjasama dengan UI, Perkuat Tridarma

(pelitaekspres.com) -DEPOK – Universitas Mitra Indonesia (UMITRA) Bandarlampung menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia. Kerjasama …

Tinggalkan Balasan