Home / Komando / Seminar Nasional TNI AD 2022, Doktrin Sebagai Pedoman

Seminar Nasional TNI AD 2022, Doktrin Sebagai Pedoman

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG – Seminar TNI AD tahun 2022 merupakan seminar keenam yang digelar oleh TNI AD. Dengan mengusung tema, “Reaktualisasi Doktrin Operasi Militer Matra Darat Dalam Menghadapi Ancaman Perang Masa Kini dan Masa Depan”, Seminar yang dibuka oleh Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., Senin (27/6/2022) kemarin, menghadirkan sejumlah kalangan, diantaranya para pejabat Kemhan, para Pangkotama, para Komandan/Gubernur/Kabalakpus, para Danpussen Kodiklatad, para Panglima Divisi Infanteri Kostrad, para akademisi dan praktisi serta wartawan media massa.

Pandangan dan masukan narasumber dari berbagai kalangan inilah yang nantinya akan memperkaya rumusan perubahan doktrin operasi militer matra darat serta rumusan peningkatan strategi hingga konsepsi bertempur prajurit Kartika Eka Paksi di masa kini dan mendatang.

Sebagai salah satu pemateri pada hari kedua seminar kali ini, Kolonel Inf Frega Wenas memaparkan bahwa, doktrin sebagai pedoman bukan dogma seperti kitab suci melainkan dinamis, fleksibel, dan perlu terus dievaluasi penyerapannya.

Dijelaskan juga bahwa Doktrin Operasi Militer dituntut bersifat adaptif pada perkembangan lingkungan strategis sehingga ajarannya menjadi pedoman dalam memenangkan pertempuran.

“Perkembangan perang saat ini semakin komplek mulai dari bentuk dan aktor yang terlibat, merubah cara militer dalam beroperasi, perkembangan Alutsista yang semakin modern juga menambah kompleksitas dari perang itu sendiri sehingga perlu dilakukan perubahan yang mendasar dari Doktrin Operasi Militer saat ini,” ungkapnya.

Seperti pada hari pertama, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi mengikuti secara langsung kegiatan Seminar Nasional TNI AD VI  di Seskoad Bandung, sedangkan di satuan jajaran Kodam ll/Swj secara virtual diikuti oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Izak Pangemanan dan para Asisiten di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Palembang, termasuk para Komandan Satuan jajaran Kodam II/Swj yang mengikuti Seminar tersebut dari satuan masing-masing.(Rls/Ags).

 

About admin adminku

Check Also

Wakapolda Lampung Diwakili Kabid Humas Polda Lampung, Dengarkan Aspirasi Jum’at Curhat Warga Hanura

(pelitaekspres.com) –PESAWARAN- Waka Polda Lampung Brigjen Pol Dr Umar Efendi .S.I.K ,.M.Si Melaksanakan Jum,at Curhat …

Tinggalkan Balasan