(pelitaekspres.com) –BATANG- Satuan Binmas (Satbinmas) Polres Batang menggelar kegiatan pembinaan dalam rangka mendukung tugas Kepolisian Khusus (Polsus) Kehutanan di wilayah Perum Perhutani Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Bandar.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kasat Binmas Polres Batang AKP Sukamto, kepala Asper/BKPH Bawang Sugiyarto, kepala Asper/BKPH Bandar Sutrisno, serta peserta lainnya, Kamis, 22 Februari 2024.

Pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota Polsus dalam menjalankan tugasnya, terutama terkait dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2021 tentang Kepolisian Khusus.

Kasat Binmas Polres Batang, AKP Sukamto, menekankan bahwa anggota Polsus memiliki tanggung jawab utama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kawasan hutan. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan penangkapan, penggeledahan, dan tindakan lain yang sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Proses seleksi anggota Polsus dilakukan melalui uji kemampuan fisik, mental, dan pengetahuan hukum yang ketat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa anggota Polsus memiliki kualifikasi yang sesuai untuk menjalankan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Pelatihan yang diselenggarakan juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota Polsus dalam berbagai aspek, termasuk PBB (Peraturan Baris Berbaris), teknik tangkap geledah, dan prosedur yang tepat dalam mengamankan tahanan.

“Dengan pemahaman yang baik terhadap tugas, wewenang, dan prosedur yang berlaku, diharapkan anggota Polsus dapat menjalankan tugasnya secara profesional,” tambahnya.

Kepala Asper/BKPH Bandar, Sutrisno, juga menyampaikan pentingnya koordinasi antara pihaknya dengan Institusi Polri dalam pengawasan dan pembinaan Polsus kehutanan.

“Melalui kerja sama ini, diharapkan Polsus dapat meningkatkan kedisiplinan, pengetahuan, dan kemampuannya dalam melaksanakan pengamanan kawasan hutan,kegiatan pembinaan dan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme anggota Polsus dalam menjaga keamanan kawasan hutan,” pungkasnya.(Abd)