(pelitaekspres.com) –YAPEN- Kota Serui yang di kenal dengan Kota Kembang indah dan permai. Kembali di tampilkan keana  ragaman budaya asal Maluku Manise sebagai bentuk penghormatan menyongsong Hari Ulang Tahun  Sang Pahlawan Nasional  asal Maluku yang di kenal dengan Negeri Para Raja – raja yaitu, Kapitan Pattimura  yang ke 207. Malam Budaya  Maluku Manise yang  di selenggarakan oleh Badan Pengurus Cabang Ikatan Keluarga Maluku ( IKEMAL), di buka langsung oleh PJ. Bupati Kepulauan Yapen yang di wakili Asisten lll Setda Ir.Wahyudi Irianto bersama Ketua IKEMAL Harold Wenno, AP, M.Si. Di  prataran Hotel Kelapa Dua, jalan Franskaisepo, Jumat (10/5/2024).

Dalam sambutanya Ketua IKEMAL Harold  Wenno.,  AP, M.Si  mengatakan, melalui malam Budaya Maluku Manise menyongsong HUT Pahlawan Nasional Asal Maluku Negeri Para Raja – raja yaitu, Kapitan Pattimurah yang ke 207.

Maksud dan tujuan digelarnya Malam Budaya Maluku Manise adalah:.

  1. Merupakan media penghormatan dan pelestarian kekayaan serta keanekaragaman budaya dari Negeri Para Raja – raja asal Maluku Manise.
  2. Merupakan media untuk menginspirasi generasi muda Maluku, agar terlibat secara langsung dalam kegiatan – kegiatan yang positif dan kreatif.
  3. Merupakan media hiburan bersama, kita dapat menikmati keberagaman khasanah budaya bangsa asal  Maluku Manise yang merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. ” Ucapnya “

” Sebagai Ketua IKEMAL menyampaikan apresiasi dan rasa hormat dan terima kasih kepada PJ. Bupati Kabupten Kepulauan Yapen Welliam R. Manderi S.IP, M.Si yang saat ini di wakili oleh Asisten lll Setda Ir. Wahyudi Irianto hadir malam ini bersama kami beserta seluruh tamu undangan yang hadir.”

Ucapan terima kasih juga kepada, pemilik dan manejemen Hotel Kelapa Dua yang telah mengijinkan kami menggunakan pelataran untuk malam budaya ini. Serta semua pihak yang telah memberikan bantuan moril dan materil.

 

Selain itu juga, terima kasih dan rasa hormat kepada orang tua, Bapak, Ibu, sodara – basudara serta anak – anak dari negeri para Raja – raja. Mulai dari Maluku  Utara,  Maluku Tengah, Maluku Tenggara dan Kepulauan Tanimbar, yang akan menampilkan keragamanan budaya dari daerah masing – masing. ” Ujar Ketua IKEMAL.

Dia juga menambahkan, tentunya dengan tampilan tarian – tarian adat yang di tampilkan malam ini menjadi edukasi di sini. Untuk memberikan kesempatan kepada anak cucu kita untuk belajar budaya Maluku dan berani untuk tampil di pentas. Karena hal ini sangat positif. Untuk itu, Saya mengajak kita semua memberikan dukungan di perhelatan Malam Budaya Maluku  Manise Tahun 2024 di Kabupten Kepulauan Yapen, “Jelasnya.

Akhir sambutan – nya  Ketua IKEMAL menyampaikan rasa terima kasih setinggi-tingginya kepada Ketua Panitia Hari – hari besar Maluku beserta anggota, yang mana telah menyiapkan semua hal mulai dari awal acara sampai pada hari puncaknya  tanggal 15 Mei Tahun 2024, “Cetus Harold Wenno.

Turut Hadir  yang di wakili PJ. Bupati Kepulauan Yapen Welliam R. Manderi adalah Asisten lll Setda Ir. Wahyudi Irianto, Kodim 1709/Yawa, Polres Kepulauan Yapen, Ketua Dewan Adat Kabupten Kepulauan Yapen Welliam Zaman Bonai.  Serta seluruh masyarakat Maluku dan Maluku Utara di Kota Serui dan sekitarnya.(GM)

Tinggalkan Balasan