(pelitaekspres.com) -CANDIPURO- Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto secara Resmi membuka Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Candipuro di Desa Trimomukti Kecamatan Candipuro, (Selasa 30/01/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Anggota Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan, Anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan, Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, Para Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Camat Candipuro Solatan, Danramil (Sidomulyo, Candipuro, Way Panji) Kpt Inf Imron Nata, Kapolsek Candipuro Iptu Farid Riyanto, Para Kepala UPT se-Kecamatan Candipuro, Para Kepala Desa se-Kecamatan Candipuro, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tamu Undangan.

Camat Candipuro dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, yang sudah hadir ditengah masyarakat Candipuro dan membuka secara Resmi kegiatan Musrenbang Kecamatan Candipuro.

Pada prinsipnya Musrenbang ini adalah melihat hasil dan setelah itu bagi hasil itu kita analisa bilamana masih ada masalah itu dimana kemudian kita laksanakan tindak masalah kemudian munculah perencanaan.

Artinya hasil hasil yang telah dilaksanakan oleh Bupati di Kecamatan Candipuro ini cukup fantastis daripada Kecamatan lain karena dari total hampir Enam Puluh Dua Milyar (62.000.000.000) yang sudah dikucurkan di Kecamatan Candipuro.

Kita juga punya target kedepan bahwa kita ini ingin melakukan pengentasan di berbagai bidang, seperti bidang Kesehatan, Pengentasan Stunting, Pengentasan TBC, di Keluarga Berencana (KB) kita juga ingin menciptakan menjadi Kampung KB, diKecamatan Candipuro ini saya ingin setiap Desa menjadi Kampung KB, karena saat ini baru ada 3 (Tiga) Desa yang menjadi Kampung KB dan kedepan saya ingin Kecamatan Candipuro ini semua menjadi Kampung KB.

Kemudian di bidang Pendidikan kita ingin mengentaskan jangan sampai ada anak putus sekolah, kemudian apabila ada yang belum bernasib baik, belum bisa sekolah sampai SLTA nanti akan kita coba bantu mereka untuk bisa mendapakatkan Ijazah Paket.

Untuk tuntutan prioritas pembangunan kita, bagaimana kita bisa memperhatikan Jalan yang memang itu menjadi akses utama masyarakat, baik itu akses pendidikan, akses pertanian maupun akses penghubung antar kecamatan dan antar desa.

Ada 7 (Tujuh) prioritas saya, termasuk salah satunya juga tidak hanya di infrastuktur tapi prioritas kita juga dibidang bidang yang lain contoh dibidang pendidikan, kita juga ingin memiliki Perpustakaan sendiri sehingga nanti masyarakat bisa membudayakan membaca di gedung perpustakaan kita.

Saya berharap apa yang sudah kita usulkan di Musrenbang hari ini, kalau memang anggarannya mencukupi ya bisa direalisasikan semuanya oleh Bupati, tutup Solatan.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta Musrenbang yang turut berpartisipasi untuk menyukseskan kegiatan hari ini. Secara resmi Murenbang Kecamatan Candipuro dibuka.

Forum Musrembang RKPD tingkat Kecamatan merupakan bagian dari proses penyusunan perencanaan pembangunan daerah sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Proses ini mengacu pada prinsip pembangunan dari bawah dengan memperluas bentuk pelaksanaanya, yaitu dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat sebagai pelaku pembangunan.

Di Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan telah menerima berbagai macam penghargaan, tercatat ada 22 penghargaan, baik dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian maupun Pemerintah Provinsi dan juga Lembaga Swasta lainnya. Tentunya ini bisa menjadi pemacu semangat bagi kita semua.

Dalam menyusun perencanaan pembangunan yang baik, harus ada sinkronisasi yang baik antara rencana Pemerintah Pusat dengan rencana Pemerintah Daerah, dan dalam rangka menjaga sinkronisasi dengan Pemerintah Pusat tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan pada Tahun 2025 ini mengusung tema ” Pembangunan Inklusif Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” dengan prioritas pembangunan yaitu:
– Pemenuhan pelayanan dasar pendidikan kesehatan dan perlindungan sosial.
– Hilirisasi sumber daya alam dan penguatan inovasi produktivitas tenaga kerja.
– Pembangunan kewilayahan yang merata, berkualitas dan berkelanjutan.
– Meningkatkan keamanan dan ketertiban umum, ketahanan budaya dan mitigasi bencana.
– Peningkatan kualitas ASN, kolaboratif regulasi yang efektif serta digitalisasi pelayanan publik.

Sebentar lagi kita akan menghadapi Pemilu serentak, tepatnya di tanggal 14 Februari 2014, untuk itu saya selaku Pimpinan Daerah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berperan aktif menjaga kondusifitas. Di tahun politik ini sudah pasti banyak hal yang harus kita sikapi dengan bijak, jangan terprovokasi dengan sesuatu yang dapat merusak dan memecah belah kerukunan masyarakat, tutup Nanang. (Cak/pendi)

Tinggalkan Balasan