(pelitaekspres.com) -BANYUMAS – Rapat Anggota Tahunan (RAT) Primer Koperasi Kartika A-01 tutup buku tahun 2023 yang merupakan forum tertinggi bagi suatu Koperasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada anggotanya telah dilaksanakan di Markas Korem tersebut, tepatnya di gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma Jl. Gatot Subroto Sokaraja Banyumas, Rabu (7/2/2024). Rapat yang mengambil tema “Kita Tingkatkan kebersamaan, Inovasi Bisnis dan Soliditas Jaringan Usaha menuju Koperasi Angkatan Darat yang Berkualitas” dan dihadiri oleh seluruh anggota Koperasi tersebut menjadi momentum yang sangat penting dalam mengambil keputusan strategis serta menetapkan arah perjalanan Koperasi ke depan.

Kegiatan yang dimulai dengan sambutan hangat dari Ketua Puskop Kartika Diponegoro Kodam IV/Diponegoro yang diwakili Kolonel Arm Mawardi menyampaikan, bahwa forum tertinggi dalam Koperasi adalah Rapat Anggota, dimana para anggota dalam forum ini, dapat menilai sejauhmana kinerja Pengurus dalam melaksanakan rencana kerja dan anggaran Tutup Tahun 2023 serta untuk mengetahui keberhasilan yang dicapai melalui usaha dan kegiatan yang dilaksanakan Pengurus dan merencanakan kerja tahun 2024. Selain itu dalam RAT ini juga sebagai sarana memecahkan berbagai masalah di lingkungan Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma.

Hal senada juga disampaikan oleh Wahyu Dewanto dari Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyumas. Wahyu Dewanto menyampaikan agar tujuan Koperasi tercapai, yaitu untuk mensejahterakan anggota Koperasi maka Koperasi harus sehat.

“Tujuan didirikannya Koperasi adalah untuk mensejahterakan anggota Koperasi itu sendiri, sehingga untuk mencapai tujuan tersebut Koperasi itu harus sehat, yaitu sehat mental, sehat organisasi dan sehat usahanya”, terangnya.

“Sehat mental adalah jajaran pengurus, dewan pengawas dan anggotanya benar-benar melaksanakan tugas sebagai anggota Koperasi sesuai dengan aturan yang berlaku, sehat organisasi berarti lengkap anggotanya dan rapat anggota tahunan dilaksanakan secara rutin, sehat usahanya berarti usahanya harus dikelola dengan baik sehingga bisa mendapatkan keuntungan atau SHU”, paparnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S. Sos., M.M., M.Han yang juga selaku Pembina Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ketua dan pengurus Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma yang telah memberikan  laporan pertanggungjawaban RAT Tutup Buku tahun 2023.

“Saya ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua serta pengurus Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma karena sudah berupaya menjalankan tugasnya dengan baik dan meningkatkan SHU dari tahun lalu, hal ini tentu tidak terlepas dari kontribusi ataupun peran anggota sekalian dalam memanfaatkan Koperasi ini. Karena Koperasi merupakan suatu organisasi atau wahana untuk bisa membantu kita, sehingga sejak awal saya menjabat, saya sudah berniat untuk memajukan Koperasi ini,” terangnya.

“Kedepan kita akan kembangkan lagi Koperasi kita, kemudian akses toko yang ada di dalam akan saya pindahkan lokasinya menjadi di depan, sehingga Koperasi kita juga bisa diakses oleh Masyarakat, dan unit usahanya bisa berkembang sehingga Koperasi ini bermanfaat untuk kita dan juga untuk Masyarakat,” pungkasnya.

Danrem 071/Wijayakusuma juga berharap kepada seluruh anggotanya untuk berpartisipasi penuh dengan memaksimalkan Koperasi sehingga Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma bisa lebih maju. Selain itu Danrem juga meminta kepada segenap pengurus yang sudah ada untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, mengingat keberadaanya merupakan pilihan dan amanah yang diberikan anggota untuk kemajuan Koperasi yang sehat dan bermanfaat untuk kita.

Dalam kegiatan RAT Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma yang telah dilaksanakan terebut, selain melaporan keuangan Koperasi dan evaluasi program-program yang telah dilaksanakan, juga membahas putusan-putusan strategis untuk dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh anggota serta meningkatkan daya saing Koperasi di pasar lokal. Beberapa putusan strategis yang diambil dalam rapat tersebut diantaranya melanjutkan kepengurusan yang sudah terbentuk sebelumnya dan peningkatan investasi dan inovasi dalam pengembangan usaha bersama serta peningkatan layanan kepada anggota Primkop Kartika A-01 Wijayakusuma.(Red)

Tinggalkan Balasan