(pelitaekspres.com) –LAMSEL – Polda Lampung memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024  terjadi pada 7 – 8 April dan arus balik rentan 14 – 15 April. Ratusan ribu pemudik dan kendaraan diperkirakan bakal melintasi Provinsi Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik mengatakan, pihaknya mengimbau masyarakat dapat menghindari tanggal-tanggal puncak arus mudik dan balik tersebut.

“Saran bagi para pemudik, terutama menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat, diimbau menghindari tanggal-tanggal puncak arus mudik dan balik. Ini agar terhindar dari kemacetan,” ujarnya dikonfirmasi, Selasa (26/3/2024).

Dalam masa-masa tersebut, Umi melanjutkan, pihaknya bakal menggelar Operasi Ketupat Krakatau 2024 bakal dimulai 4 April sampai dengan 16 April 2024.

Nantinya, kepolisian bersama stakeholder terkait akan memastikan dan menjaga kelancaran arus mudik dan balik pada masa Idul Fitri 1445 H.

“Kami akan menempatkan 4.363 personel gabungan dan mendirikan 73 Pos meliputi 52 Pos Pengamanan (Pospam), 20 Pos Pelayanan (Posyan), dan 1 Pos Pelayanan Terpadu,” ucapnya.

Oleh karenanya, bagi masyarakat hendak melangsungkan mudik Lebaran pada tahun ini, diminta agar memilih waktu atau tidak melakukan keberangkatan pada momen-momen puncak arus mudik dan balik.

Umi pun mengingatkan, masyarakat dapat memilih waktu keberangkatan maupun kembali yang tepat untuk menghindari kepadatan maupun kemacetan lalu lintas.

“Siapkan diri maupun kendaraan, tetap taati peraturan lalu lintas, petugas di jalan, dan menghormati pengguna jalan lainnya demi keselamatan kita bersama,” tandas Kabid Humas.(Red)