Home / NASIONAL / Puluhan Orang Dari AMPHIBI Gruduk Kantor DPRD Sumsel

Puluhan Orang Dari AMPHIBI Gruduk Kantor DPRD Sumsel

(pelitaekspres.com) -PALEMBANG- Puluhan orang dari Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 (AMPHIBI) DPW Sumatera Selatan dengan menggunakan mobil komando dan berbagai spanduk aksi, gruduk Kantor DPRD Provinsi Sumsel, Kamis (23/6/22).

Koordinator aksi Sanusi, Rubi Indiarta, Ruben, Fadrianto TH, Didit S, Davit menyampaikan orasinya bahwa sehubungan dengan adanya informasi dan investigasi yang dihimpun oleh (AMPHIBI) menemukan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum yang berinisial “H.J”.

H.J diduga telah melakukan pemanfaatan, menguasai, merambah, menduduki, dan memanfaatkan lahan seluas +/- 200,5 Ha dijadikan perkebunan sawit.

Tanah tersebut diduga berstatus kawasan hutan lindung, yang berlokasi di Desa Bungo karang Kecamatan Tanjung Lago Kebupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam orasinya AMPHIBI menyampaikan beberapa sikap yang disampaikan kepada DPRD Provinsi Sumsel :

  1. Meminta kepada DPRD Provinsi Sumsel untuk menggunakan fungsi pengawasan dan mengadakan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap lahan +/- 200,5 Ha yang berada di desa Bungo Karang Tanjung Lago Banyuasin yang diduga kawasan lindung telah dimanfaatkan, dikuasai, dirambah, diduduki, dan dimanfaatkan untuk perkebunan sawit oleh oknum HJ. AMPHIBI meminta DPRD Provinsi Sumsel untuk menyelidiki dan memanggil oknum HJ.
  2. Mendesak DPRD Provinsi Sumsel untuk berkoordinasi dengan UPTD KPH Wilayah III Palembang-Banyuasin tentang dugaan kawasan hutan lindung yang dimanfaatkan, dikuasai, dirambah, diduduki, dan dimanfaatkan untuk perkebunan sawit oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
  3. Meminta kepada DPRD Provinsi Sumsel untuk melakukan rapat khusus membahas persoalan ini, supaya terlebih dahulu memperhatikan dan mempertimbangkan kawasan yang diduga merupakan kawasan hutan lindung demi menjaga kelestarian ekosistem alam dan lingkungan untuk kelestarian flora dan fauna.
  4. Selamatkan keseimbangan ekosistem alam dan lingkungan.

Setelah menyampaikan pernyataan sikapnya, peserta aksi dari AMPHIBI DPW Sumsel membubarkan diri dengan rapi dan damai. (Rls)

DIBACA 30 kali

About admin adminku

Check Also

Peringati HANI: DPD Pemuda LIRA Yapen Bagikan Brosur

(pelitaekspres.com) -YAPEN- Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), pada 26 Juni 2022 turut dirayakan oleh Dewan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.