Home / PENDIDIKAN / Profil Singkat Calon Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani

Profil Singkat Calon Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani

(pelitaekspres.com) –BANDARLAMPUNG- Prof.Dr.Ir. Lusmeilia Afriani, DEA IPM lahir di Palembang tanggal 10 Mei 1965 dari pasangan ayah bernama Razioen (Alm 2016) dan Ibu bernama Dra. Lensiyana (Almh 2017). Razioen semasa hidupnya bekerja di sebuah Apotek Swasta di Kota Bandar Lampung dan Lensiyana semasa hidupnya bekerja sebagai Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SMAN 2 Bandar Lampung, dan pernah menjadi Kepala Sekolah SMAN I Sidomulyo Lampung Selatan, hingga akhirnya pensiun sebagai Kepala Sekolah SMAN 3 Lampung.

Lusmeilia Afriani adalah anak tertua dari enam bersaudara yaitu dr. Derry Elfina, S.Ked., Sp.Rad. M.Kes. (Suami Tidar Yanto, S.H., M.H.), dr. Erfin Muhapril, Sp.P (Istri dr. Evi Handayani, Sp.THT), drg. Okwini Mutiana, M.Kes. (Suami dr. Indrawan Yahya Sp.OG), Septa Hirwansyah, S.E. (Istri Ananda Nurul Islah Nasition, S.E), Oksya Hikmawan, S.T.P., M.Si. (Istri Marisa Naufa M.Si).

Lusmeilia Afriani Menikah dengan Ir. Yan Juansyah, D.E.A yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Malahayati Bandar Lampung. Ia dan suami mempunyai anak yaitu dr. Zaraz Obella Nuradliyani, S.Ked (sedang melanjutkan Pendidikan Magister Keselamatan Kerja pada FK Universitas Indonesia) dan Zaraz Elodya Ramadania (mahasiswi FK Universitas Lampung).

Pada tahun 1993, ia dipercaya menjadi Dosen PNS yang ditugaskan di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Lampung hingga sekarang.

Riwayat Pendidikan:

  1. D3 Teknik Sipil, Universitas Lampung (1988) Pendidikan
  2. S1 Teknik Sipil, ITS Surabaya (1991)
  3. S2 Teknik Sipil, Universite de Caen, Perancis (1999)
  4. S3 Teknik Sipil, Universite de Nantes, France (2004)

Riwayat Jabatan:

  1. Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Lampung (2005-2009)
  2. Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung (2009-2013)
  3. Pj. Wakil Rektor IV bidang kerjasama Universitas Lampung (2015)
  4. Kepala Laboratorium Mekanika Tanah, Fakultas Teknik Universitas Lampung (2014-2020)
  5. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian
  6. Kepada Masyarakat/LP2M (2020-sekarang)

Optimis maju sebagai calon rektor Universitas Lampung periode 2023-2027 dilatarbelakangi berbagai masalah yang harus diselesaikan dilihat dari sisi akademik maupun non akademik. Adapun latar belakang tersebut sebagai berikut;

Latarbelakang Akademik

  1. PNBP masih didominasi dari pendapatan mahasiswa (UKT)
  2. Aset-aset potensial belum termanfaatkan untuk peningkatan pendapatan
  3. Rencana kegiatan dan anggaran masih belum optimal dalam operasionalnya
  4. Kesiapan dan pemanfaatan (utilisasi) infrastruktur laboratorium masih sangat rendah
  5. Banyak dosen dan tekndik akan purnabakti
  6. Tuntutan peningkatan kesejahteraan dosen dan tendik menjadi lebih baik
  7. Revitalisasi infrastruktur perpustakaan berbasis digital
  8. Unit usaha komersial belum berjalan optimal

Visi, Misi, Dan Program Kerja Bakal Calon Rektor Universitas Lampung 2023-2027

Visi : Universitas Lampung menjadi center of Excellence di tingkat Nasional dan Internasional sebagai institusi yang kuat (Be Strong) berlandaskan nilai-nilai luhur budaya Nasional dan Pancasila.

Misi : Menerapkan tridarma perguruan tinggi yang berkualitas guna menghasilkan sumber daya manusia yang adaptif dan fleksibel terhadap perubahan serta inovasi yang bermanfaat bagi peningkatan daya saing bangsa.

Program unggulan Prof. Lusmeila yaitu BE STRONG

  1. Sektor Bisnis, Keuangan, Investasi dan Aset : Aspek ini memegang peranan sangat penting untuk meningkatkan kemandirian Unila dalam meningkatkan pendapatan diluar UKT guna mewujudkan World Class University (WCU).
  2. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia: Mewujudkan Universitas Lampung bangkit bersama dengan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan mahasiswa agar mampu melawan dan berkontribusi demi kemajuan Universitas Lampung.
  3. Pelayanan Bagi Masyarakat Salah satu pilar penting dalam pendidikan tinggi adalah pelayanan kepada pengguna dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat agar dapat memberikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan.
  4. Pengajaran: Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dengan melibatkan dunia usaha dan industri dunia dan pengguna lainnya dalam sebuah ekosistem merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) sebagai upaya penguatan profil pelajar Pancasila
  5. Riset: Penguatan agenda riset yang berorientasi pada inovasi dan pengembangan berbasis IPTEKS dalam rangka meningkatkan reputasi akademik.
  6. Kemitraan Organisasi: Kemitraan Organisasi : dilakukan melalui kerja sama yang produktif, bermanfaat, dan berkelanjutan dengan dunia usaha dan dunia industri dan mitra lainnya di dalam dan luar negeri.
  7. Infrastruktur Jaringan: Meningkatkan dan mengembangkan digitalisasi kampus untuk mewujudkan World Class University (WCU).
  8. Good University Governance: Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang transparan, akuntabel, kredibel, bertanggung jawab, dan adil berbasis manajemen risiko untuk mewujudkan organisasi yang kuat dan lincah.

About admin adminku

Check Also

Kepsek SMAN 2 Gading Diduga Lakukan Pungli Berdalih Sumbangan

(pelitaekspres.com) –PRINGSEWU- Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Gading diduga lakukan pungli berdalih sumbangan serta tunggangi …

Tinggalkan Balasan