(pelitaekpres.com) –BANDAR LAMPUNG- Para prajurit di Kodim 0410/Kota Bandar Lampung melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik Semester I TA. 2024 di Stadion Pahoman pada Senin (6/05). Tes ini dilakukan untuk menguji kemampuan fisik para prajurit.

Sebelum pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani, seluruh peserta diukur tinggi dan berat badannya serta diperiksa kesehatannya oleh tim kesehatan RS DKT TK IV 02.07.04 Lampung. Peserta yang memenuhi syarat dapat mengikuti tes. Selanjutnya, seluruh peserta melakukan pemanasan dengan melaksanakan senam peregangan yang dipimpin oleh personel Jasrem 043/Gatam.

Materi yang diuji dalam Tes Kesegaran Jasmani ini adalah Samapta A Lari 12 menit dan Samapta B berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, Shuttle Run, dan ketangkasan renang jarak 50 meter.

Menurut Kasdim 0410/KBL Letkol Inf Hendry Ginting S.I.P.,MM, Tes Kesegaran Jasmani periodik merupakan kewajiban bagi prajurit dan harus dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit dan kemampuan fisiknya secara berkala.

Dengan tes ini, dapat diketahui sejauh mana kemampuan prajurit dan tingkat keberhasilan pembinaan fisik pada setiap prajurit, serta membantu dalam mengikuti tes Kesegaran Jasmani kapan pun dilaksanakan.

“Setiap prajurit harus berlatih dengan sungguh-sungguh jika ingin mencapai target nilai yang memuaskan,” imbuh Kasdim.

Kasdim juga menekankan agar seluruh peserta tetap menjaga faktor keamanan selama kegiatan berlangsung. “Saya harap kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan semaksimal mungkin. Tetap jaga faktor keamanan serta sesuaikan kondisi fisik dan kemampuan masing-masing,” tambahnya.(Red)

 

Tinggalkan Balasan