Home / Komando / Potensi Kerajinan Gula Kristal Petahunan Juga Diangkat Melalui Publikasi TMMD Banyumas

Potensi Kerajinan Gula Kristal Petahunan Juga Diangkat Melalui Publikasi TMMD Banyumas

(pelitaekspsress.com)-BANYUMAS – Gula kristal merupakan salah satu oleh-oleh andalan Kota Satria atau Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang cukup terkenal dan bahkan produk import.

Gula ini berasal dari nira pohon kelapa yang dimasak sampai kering dan menjadi kristal seperti gula pasir, namun jika langsung dicetak saat nira mulai mengental di tungku, maka gula ini dinamakan gula jawa. Harga gula kristal saat ini berkisar antara Rp. 18 ribu keatas per kilogramnya.

Di lokasi TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kerajinan ini merupakan salah satu mata pencaharian utama masyarakat selain bertani padi dan palawija.

Salah satu pelakunya adalah Rasmi (50), warga Dukuh Sumingkir RT. 05 RW. 03, Petahunan, yang mampu membuat gula kristal sebanyak 3 kilogram dalam sehari.

“Saya biasa menjualnya kepada tengkulak sebesar Rp. 17.500 per kilogramnya. Lumayan pak untuk mencukupi kebutuhan keluarga,” akunya, Senin (22/6/2020).

Sementara dibenarkan Kepala Desa Petahunan, Rohmat Fadli (42), rataan pembuatan gula kristal warganya adalah 27 kilogram per minggu. (Aan)

DIBACA 557 kali

About pelitaekspres

Check Also

Dua Fokus Awal Polri Tangani Kerusuhan Arema Vs Persebaya

(pelitaekspres.com) –JAKARTA- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan pihaknya akan bergerak cepat menangani kerusuhan pertandingan sepak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.